Detail Cantuman Kembali
PITA KAMARIAH - Personal Name

Efektivitas Pupuk Kandang Kambing dan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) terhadap pH dan Nitrogen Total dengan Tanaman Uji Petsai (Brassica pekinensis)

PITA KAMARIAH. Efektivitas Pupuk Kandang Kambing dan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) Terhadap pH dan Nitrogen Total Dengan Tanaman Uji Petsai (Brassica pekinensis). Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, 2020. (Dibawah bimbingan Mulyadi dan Patmawati).
Pupuk kandang kambing mempunyai sifat memperbaiki aerasi tanah, menambah kemampuan tanah menahan unsur hara, meningkatkan kapasitas menahan air, sumber energi bagi mikroorganisme tanah dan sebagai sumber hara. Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) merupakan bakteri yang aktif mengkolonisasi akar tanaman yang berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman, hasil panen dan kesuburan tanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi pupuk kandang kambing dan PGPR terhadap pH, nitrogen total dan pertumbuhan serta hasi tanaman petsai.
Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Tanah dan Para-Para Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, Samarinda. Penelitan ini dilakukan dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktorial(dua faktor) yang terdiri dari 3 perlakuan dan 3 kelompok. Faktor 1 yaitu dosis pupuk kandang kambing dan faktor dua yaitu konsentrasi PGPR. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan sidik ragam (ANOVA) dan diuji lanjut menggunakan uji lanjut (BNT) pada taraf 5%. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun dan berat basah tanaman petsai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kombinasi pupuk kandang kambing dan PGPR memberikan pengaruh terhadap pH dan nitrogen total yaitu meningkatnya pH (6,79) dan nitrogen total (0,49), namun tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman petsai, kecuali pada perlakuan P2 (25 g polybag-1) memberikan pengaruh nyata terhadap berat basah dengan rata-rata berat tertinggi yaitu 13,59 g. Dosis kombinasi pupuk kandang kambing dan PGPR yang terbaik untuk meningkatkan pH, nitrogen total, pertumbuhan dan hasil tanaman petsai adalah perlakuan P2R0 (25 g pupuk kandang kambing dan 0 ml PGPR).
Kata Kunci: pupuk kandang kambing, PGPR, pH, nitrogen, tanaman petsai.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Efektivitas Pupuk Kandang Kambing dan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) terhadap pH dan Nitrogen Total dengan Tanaman Uji Petsai (Brassica pekinensis)
Pengarang PITA KAMARIAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PIT e 2020
Subyek pupuk kandang kambing, PGPR, pH, nitrogen, tanaman
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua