Detail Cantuman Kembali
Ahmad Syazali - Personal Name

UJI KADAR VITAMIN C, SERAT KASAR DAN ANTIOKSIDAN MI BASAH HASIL FORMULASI TEMOR DENGAN PENAMBAHAN SARI DAUN KATUK (Sauropus androgynus)

AHMAD SYAZALI, Uji Kadar Vitamin C, Serat Kasar Dan Antioksidan Mi Basah Hasil Formulasi TEMOR Dengan Penambahan Sari Daun Katuk (Sauropus androgynus). Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman. 2020. Dibawah Bimbingan Hudaida Syahrumsyah dan Yuliani.
Mi basah merupakan salah satu produk olahan dari tepung terigu yang banyak digemari oleh masyarakat. Mocaf adalah tepung yang diperoleh dari ubi kayu (Manihot utilissima) dengan proses fermentasi laktat. Rumput laut atau lebih dikenal dengan sebutan seaweed merupakan salah satu sumber daya hayati yang sangat melimpah di perairan Indonesia. Penggunaan mocaf dan rumput laut merupakan salah satu upaya mengangkat sumber daya lokal sebagai alternatif pengganti tepung terigu pada produk olahan mi basah. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh formulasi tepung komposit terigu, mocaf dan rumput laut dengan sari daun katuk terhadap kandungan vitamin C, serat kasar dan antioksidan mi basah, berapakah formulasi yang terbaik pada tepung komposit terigu, mocaf dan rumput laut dengan sari daun katuk dalam pembuatan mi basah yang mempunyai kandungan vitamin C, serat kasar dan antioksidan.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman pada bulan Desember sampai Januari 2020 menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan ( 70:30:0 g, 70:25:5 g, 70:20:10 g, 70:15:15 g dan 70:10:20 g) dan 3 ulangan. Data dianalisis menggunakan sidik ragam, perlakuan yang berpengaruh nyata dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf α 5%. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah uji kadar vitamin C, serat kasar, dan aktivitas antioksidan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa formulasi tepung terigu, mocaf, dan rumput laut dengan penambahan sari daun katuk berbeda nyata terhadap kadar vitamin C, serat kasar, dan aktivitas antioksidan mi basah. Formulasi tepung komposit dan rumput laut dengan penambahan sari daun katuk menghasilkan mi basah dengan kadar vitamin C 15,89 mg/100g-15,13 mg/100g, serat kasar 1,95%-1,19%, dan aktivitas antioksidan 304,18 ppm- 278,87 ppm.


Kata kunci : vitamin C, serat, antioksidan, tepung komposit, mi basah

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UJI KADAR VITAMIN C, SERAT KASAR DAN ANTIOKSIDAN MI BASAH HASIL FORMULASI TEMOR DENGAN PENAMBAHAN SARI DAUN KATUK (Sauropus androgynus)
Pengarang Ahmad Syazali - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AHM u 2020
Subyek vitamin C, serat, antioksidan, tepung komposit, mi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua