Detail Cantuman Kembali
TRI YUDHA INDARTO - Personal Name

PENGARUH PENAMBAHAN SOYGHURT PADA ICE CREAM MIX TERHADAP TOTAL BAKTERI ASAM LAKTAT, TOTAL BAKTERI,pH dan DAYA LELEH ES KRIM PROBIOTIK

TRI YUDHA INDARTO, Pengaruh Formulasi Soyghurt Pada Ice Cream Mix terhadap Total Bakteri , Total Bakteri Asam Laktat pH dan Daya Leleh Es Krim Probiotik. Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman. 2020. (Dibawah bimbingan Marwati dan Aswita Emmawati)
Es krim probiotik merupakan es krim yang mengandung bakteri asam laktat yang berpotensi sebagai probiotik, yaitu mikroba hidup pada makanan yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup akan meningkatkan kesehatan, dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora dalam pencernaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses pengolahan terhadap viabilitas total bakteri dan total bakteri asam laktat pada es krim probiotik, untuk mengetahui penambahan soyghurt pada ice cream mix berpengaruh pH dan daya leleh es krim probiotik dan untuk mengetahui formulasi terbaik es krim probiotik berdasarkan total bakteri asam laktat, total bakteri, pH dan daya leleh. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman pada bulan Desember sampai Januari 2020 menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 1 faktorial dengan perlakuan penambahan soyghurt (0%, 16,7%, 33,3%, 50%, 66,7%, 83,3%) dan 3 ulangan. Data dianalisis menggunakan sidik ragam, perlakuan yang berpengaruh nyata dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf α 5%.
Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah total bakteri asam laktat, total bakteri, daya leleh dan pH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi soyghurt yang diberikan mempengaruhi total bakteri asam laktat, total bakteri, daya leleh dan pH es krim probiotik. Penambahan soyghurt sebanyak 83,3% merupakan perlakuan terbaik pada produk es krim probiotik yang memLiki 7,124 log CFU/mL bakteri asam lakat, total bakteri 7,230 CFU/mL, daya leleh 19,494 menit dan pH 6,410.
Kata kunci : es krim probiotik, buah naga, stevia, bakteri asam laktat

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENAMBAHAN SOYGHURT PADA ICE CREAM MIX TERHADAP TOTAL BAKTERI ASAM LAKTAT, TOTAL BAKTERI,pH dan DAYA LELEH ES KRIM PROBIOTIK
Pengarang TRI YUDHA INDARTO - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TYI p 2020
Subyek es krim probiotik, buah naga, stevia, bakteri asam
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua