Detail Cantuman Kembali
Ahsanul Fithri - Personal Name

Pengaruh Motivasi Belajar dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tenggarong Tahun Ajaran 2019/2020

Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto, dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar (X1) Dan Kreativitas Belajar (X2) Terhadap Hasil Belajar Matematika (Y) Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tenggarong Tahun Ajaran 2019/2020.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tenggarong, yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa 250 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan tekhnik cluster sampling, yang menjadi sampel dalam penelitian adalah 6 kelas yang berjumlah 172 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar dan kreativitas belajar, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu analisis jalur dengan taraf signifikan 5%.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh skor rata-rata dari Motivasi Belajar adalah 70,37 (kategori sedang), Kreativitas Belajar adalah 68,24 (kategori sedang), dan tes hasil belajar matematika adalah 45,73 (kategori sedang). Berdasarkan analisis inferensial menggunakan uji analisis jalur untuk sub-struktur 1 signifikan sehingga terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kreativitas belajar dengan besar kontribusi 56,2%. Sedangkan untuk sub-struktur 2 signifikan sehingga terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan besar kontribusi 8,7% dan terdapat pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika dengan besar kontribusi 4,8%.
Berdasarkan analisis inferensial, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kreativitas belajar siswa sebesar 0,750 dan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika secara langsung sebesar 0,295 dan secara tak langsung melalui kreativitas belajar sebesar 0,164 serta terdapat pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,218. Motivasi belajar dapat meningkatkan kreativitas belajar dan meningkatkan hasil belajar matematika sedangkan kreativitas belajar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Matematika.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Motivasi Belajar dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tenggarong Tahun Ajaran 2019/2020
Pengarang Ahsanul Fithri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AHS p 2020
Subyek Motivasi Belajar, Kreativitas Belajar, Hasil Belaj
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua