Detail Cantuman Kembali
Indri Murti Rusima - Personal Name

Studi Tingkat Kerawanan Banjir Menggunakan Metode Scoring Berbasis Sistem Informasi Geografis Di Daerah Sambutan Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur

Banjir merupakan bencana alam paling sering terjadi, baik dilihat dari intensitasnya pada suatu tempat maupun jumlah lokasi kejadian dalam setahun yaitu sekitar 40% di antara bencana alam yang lain. Bahkan pada tempat-tempat tertentu, banjir merupakan rutinitas tahunan. Kelurahan Sambutan merupakan salah satu daerah di Kota Samarinda yang termasuk dalam kategori rawan banjir. Bencana alam ini selalu terjadi setiap tahun ketika memasuki musim penghujan.
Penelitian ini bertujuan Untuk memberikan informasi terkait bencana banjir di Kelurahan Sambutan, oleh karena itu maka sangat diperlukan untuk melakukan pemetaan tentang daerah yang mempunyai kerawanan banjir. Studi kerawanan banjir ini dibuat berdasarkan hasil skoring dari data kemiringan lereng, elevasi, jenis tanah, penggunaan lahan. Pemetaan daerah-daerah yang memiliki tingkat bahaya banjir perlu dilakukan agar pemerintah dapat mengambil kebijakan yang tepat untuk menanggulanginya.
Hasil yang di peroleh berupa peta kerawanan banjir dimana persebaran lokasi daerah rawan banjir terjadi hampir di seluruh bagian tengah sampai dengan bagian Barat Daya Kelurahan Sambutan yang mencakup 102.99 km2 atau sebesar 36.5% . Untuk daerah yang cukup rawah terhadap bencana banjir berada di bagian Selatan dan bagian Barat Kelurahan Sambutan yang mencakup 121.23 km2 atau sebesar 50.5%. Sedangankan pada bagian Timur Keluarahan Sambutan merupakan daerah yang aman dari bencana banjir yang mencakup 61.06 km2 atau sebesar 13%.
Kata Kunci : Banjir, Skoring, Pembobotan, Sistem Informasi Geografis.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Studi Tingkat Kerawanan Banjir Menggunakan Metode Scoring Berbasis Sistem Informasi Geografis Di Daerah Sambutan Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur
Pengarang Indri Murti Rusima - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IND s 2020
Subyek Banjir, Skoring, Pembobotan, Sistem Informasi Geog
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Geologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua