Detail Cantuman Kembali
Firdha Rizqy Akbar - Personal Name

KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI SOAL MATEMATIKA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN INVERS KELAS X SMA NEGERI 8 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020

Akbar, Firdha Rizqy. 2020. Kemampuan Siswa dalam Memahami Soal Matematika Pada Materi Fungsi Komposisi dan Invers Kelas X SMA Negeri 8 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika: (I) Dr. H. Usfandi Haryaka, M. Pd (II) Dr. H. Zainuddin Untu, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami soal matematika pada materi fungsi komposisi dan invers kelas X SMA Negeri 8 Samarinda tahun ajaran 2018/2019.
Pelaksanaan penelitian pada bulan Januari 2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Samarinda tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 102 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan siswa dalam memahami soal matematika pada materi fungsi komposisi dan invers. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk uraian sebanyak 2 butir soal pada materi fungsi komposisi dan invers dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan yaitu rata-rata kemampuan siswa secara keseluruhan, persentase berdasarkan tiap kategori kemampuan, serta tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam memahami soal matematika pada materi fungsi komposisi dan invers kelas X SMA Negeri 8 Samarinda yaitu dengan persentase 0,98% terdapat 1 siswa berkemampuan baik, 18 siswa dengan persentase 17,65% berkemampuan kurang, 83 siswa dengan persentase 81,37% berkemampuan sangat kurang, dan tidak ada siswa yang berkemampuan sangat baik dan cukup. Dengan demikian, kemampuan siswa dalam memahami materi fungsi komposisi dan invers secara keseluruhan tergolong sangat kurang. Sedangkan kemampuan siswa dalam memahami soal pada materi fungsi komposisi dan invers adalah: 1) rata-rata kemampuan siswa dalam memahami masalah tergolong dalam kategori sangat kurang yaitu 38,34; 2) rata-rata kemampuan siswa dalam merencanakan penyelesaian tergolong dalam kategori sangat kurang, yaitu 32,19; 3) rata-rata kemampuan siswa dalam melaksanakan rencana tergolong dalam kategori sangat kurang yaitu 26,47; 4) rata-rata kemampuan siswa dalam menginterpretasikan hasil yang diperoleh dengan menuliskan kesimpulan tergolong dalam ketegori sangat kurang yaitu 19,44. Dengan demikian, kemampuan siswa dalam memahami soal matematika pada materi fungsi komposisi dan invers secara keseluruhan tergolong sangat kurang.
Kata Kunci: Kemampuan, Memahami Soal Matematika, Fungsi Komposisi dan Invers.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI SOAL MATEMATIKA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN INVERS KELAS X SMA NEGERI 8 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Pengarang Firdha Rizqy Akbar - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIR k 2020
Subyek Kemampuan, Memahami Soal Matematika, Fungsi Kompos
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua