PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN TEMA 7 MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS V SDN 008 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Misnawati, 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS tentang Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Tema 7 melalui Model Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V SDN 008 Samarinda Ulu TahunPembelajaran 2019/2020.Pembimbing I Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd dan Pembimbing II Rosita Putri R.H, S.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan,Numbered Heads Together.
Latar belakang penelitian ini yaitu hasil belajar IPStentang peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SDN 008 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasilbelajar IPS tentang peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan tema 7 melalui model Numbered Heads Together (NHT) siswa kelas V SDN 008 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatkanhasil belajar IPS tentang peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan tema 7 melalui Model Numbered Heads Together (NHT) siswa kelas V SDN 008 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap tahun pembelajaran 2019/2020 di SDN 008 Samarinda Ulu dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 33 siswa dan objek penelitian adalah hasil belajar IPStentang peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen dari penelitian ini adalah lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi aktifitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada kondisi awal memperoleh rata-rata kelas 56,62 dengan persentase 36,36%predikat kurang. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar23,08%dari nilai dasar kondisi awal, dengan nilai rata-rata sebesar 69,69dengan persentase 60,61% predikat sedang. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan 48,25%dari nilai dasar kondisi awal dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,94 dengan persentase 84,94% predikat sangat baik.Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS tentang peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan Tema 7 melalui model Model Numbered Heads Together (NHT)siswa kelas V SDN 008 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN TEMA 7 MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS V SDN 008 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | MISNAWATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MIS p 2020 |
Subyek | Hasil Belajar IPS, Peristiwa Kebangsaan Seputar Pr |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | PGSD |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY