Detail Cantuman Kembali
MISNAWATI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN TEMA 7 MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS V SDN 008 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Misnawati, 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS tentang Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Tema 7 melalui Model Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V SDN 008 Samarinda Ulu TahunPembelajaran 2019/2020.Pembimbing I Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd dan Pembimbing II Rosita Putri R.H, S.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan,Numbered Heads Together.
Latar belakang penelitian ini yaitu hasil belajar IPStentang peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SDN 008 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasilbelajar IPS tentang peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan tema 7 melalui model Numbered Heads Together (NHT) siswa kelas V SDN 008 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatkanhasil belajar IPS tentang peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan tema 7 melalui Model Numbered Heads Together (NHT) siswa kelas V SDN 008 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap tahun pembelajaran 2019/2020 di SDN 008 Samarinda Ulu dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 33 siswa dan objek penelitian adalah hasil belajar IPStentang peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen dari penelitian ini adalah lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi aktifitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada kondisi awal memperoleh rata-rata kelas 56,62 dengan persentase 36,36%predikat kurang. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar23,08%dari nilai dasar kondisi awal, dengan nilai rata-rata sebesar 69,69dengan persentase 60,61% predikat sedang. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan 48,25%dari nilai dasar kondisi awal dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,94 dengan persentase 84,94% predikat sangat baik.Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS tentang peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan Tema 7 melalui model Model Numbered Heads Together (NHT)siswa kelas V SDN 008 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN TEMA 7 MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS V SDN 008 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Pengarang MISNAWATI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MIS p 2020
Subyek Hasil Belajar IPS, Peristiwa Kebangsaan Seputar Pr
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan PGSD
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua