Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 7 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Samarinda dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 147 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket perhatian orang tua dan cara belajar serta tes hasil belajar matematika. Sebelum melakukan penelitian, dilakukan uji instrumen penelitian di kelas X MIPA 2 dan X IPS 4 yang berjumlah 63 siswa.
Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu analisis jalur dengann taraf signifikan pengujian sebesar 5%. Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif diperoleh bahwa variabel perhatian orang tua dan variabel cara belajar siswa termasuk dalam kategori sedang, kemudian variabel hasil belajar matematika termasuk dalam kategori sangat rendah. Hasil dari uji normalitas diperoleh bahwa data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil dari pemeriksaan homoskedastisitas diperoleh kesimpulan bahwa varians populasi homogen. Hasil dari uji linieritas diperoleh bahwa semua variabel mempunyai hubugan yang linier. Dari hasil penelitian menggunakan analisis jalur diperoleh bahwa terdapat pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Cara Belajar Siswa dengan taraf signifikan 0,000 dan koefisien jalur 0,537; terdapat pengaruh Cara Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika dengan taraf signifikan statistik 0,001 dan koefisien jalur sebesar 0,279; serta terdapat pengaruh tidak langsung Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Cara Belajar Siswa dengan taraf signifikan statistik 0,001 dan koefisien jalur sebesar 0,150. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara perhatian orang tua dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 7 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019 baik itu pengaruh langsung maupun tidak langsung.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Samarinda. |
---|---|
Pengarang | Nurlia Widayati - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2019 |
Subyek | Perhatian Orang tua, Cara Belajar, Hasil Belajar M |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY