Detail Cantuman Kembali
NORDJANNAH - Personal Name

IMPLEMENTASI BERMAIN LEGO DALAM OPTIMALISASI KEMAMPUAN KOGNITIF TERHADAP ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD ANANDA BALIKPAPAN

Nordjannah, 2020.Implementasi Bermain Lego dalam Optimalisasi Kemampuan Kognitif Terhadap Anak Usia 3 - 4 Tahun di PAUD Ananda Balikpapan, dibawah bimbingan Bapak DR.H.Budi Rahardjo, M.S sebagai Pembimbing I dan Bapak Fachrul Rozie, S.Pd.M.Pd sebagai Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancangan guru dalam bermain lego untuk optimalisasi kemampuan kognitif anak usia 3 – 4 tahun di PAUD Ananda, (2) mengetahui implementasi bermain lego dalam mengoptimalisasi kemampuan kognitif anak usia 3 – 4 tahun di PAUD Ananda (3) mengetahui hasil perkembangan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun di PAUD Ananda setelah mendapatkan implementasi bermain lego. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Fokus penelitian ini berkaitan dengan aktivitas guru dan anak dalam proses pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak didik PAUD Ananda usia 3 – 4 tahun dengan jumlah anak didik yang diteliti sebanyak 6 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis berdasarkan model analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah (1), rancangan pembelajaran dalam impelementasi bermain lego dilakukan dengan langkah-langkah : guru membahas mengenai tema, guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, anak bebas memilih bentuk dan warna lego, untuk membuat bangunan anak harus membuat dari bawah, membuat bangunan dengan berbagai warna, guru hanya mengarahkan, menampilkan hasil karya anak, anak merapikan kembali lego sesuai dengan bentuk dan warnanya, (2) implementasi bermain lego dalam optimalisasi kemampuan kognitif anak dilaksanakan dengan berpedoman pada perangkat pembelajaran yang telah dirancang. Implementasi yang dilakukan adalah : menentukan tujuan dan tema kegiatan bermain, menentukan tempat dan ruang bermain, menggunakan lego yang sesuai dengan anak usia 3 – 4 tahun, menyampaikan petunjuk permainan yang jelas pada anak-anak sesuai dengan pemahaman bahasa yang dimiliki anak, menyiapkan instrumen penilaian agar ketercapaian indikator dapat langsung diamati dan dinilai sebagai bahan evaluasi., (3) perkembangan kognitif anak usia 3 -4 tahun di PAUD Ananda setelah mendapatkan implementasi bermain lego, yaitu : mengenal warna, ukuran, bentuk, memiliki koordinasi tangan-mata dan keahlian motorik yang lebih baik, memiliki kemampuan berbahasa, memiliki logika dan kemampuan problem solving, kreativitas dan Imajinasi, kerja sama, dan rasa percaya diri.
Kata Kunci = Implementasi bermain lego, Kemampuan kognitif, Optimalisasi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI BERMAIN LEGO DALAM OPTIMALISASI KEMAMPUAN KOGNITIF TERHADAP ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD ANANDA BALIKPAPAN
Pengarang NORDJANNAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NOR i 2020
Subyek Implementasi bermain lego, Kemampuan kognitif, Opt
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua