PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ANANDA BALIKPAPAN
Erwin Ferdian, 2020. Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Kognitif Anak Usia 5 - 6 Tahun di PAUD Ananda Balikpapan, dibawah bimbingan Bapak DR. H. Budi Rahardjo, M.S sebagai Pembimbing I dan Bapak Fachrul Rozie, S.Pd.M.Pd sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancangan guru dalam penerapan media audio visual dalam pembelajaran kognitif anak usia 5 – 6 tahun di PAUD Ananda (2) mengetahui strategi penerapan media audio visual dalam pembelajaran kognitif anak usia 5 – 6 tahun di PAUD Ananda Balikpapan (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan media audio visual dalam pembelajaran kognitif anak usia 5 – 6 tahun di PAUD Ananda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Fokus penelitian ini berkaitan dengan aktivitas guru dan anak dalam proses pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak didik PAUD Ananda usia 5 – 6 tahun dengan jumlah anak didik yang diteliti sebanyak 5 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis berdasarkan model analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penerapan media audio dalam pembelajaran kognitif rancangan yang dibuat oleh guru mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Materi kegiatan di dalam RPPM dan RPPH dirancang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran kognitif melalui media audio visual, (2) untuk memperoleh tujuan pendidikan tertentu, maka diperlukan strategi pembelajaran yang merupakan rancangan yang mengandung susunan aktifitas. Metode pembelajaran dan pendekatan pembelajaran merupakan bagian dari strategi pembelajaran. Penerapan media audio visual dalam pembelajaran kognitif di PAUD Ananda Balikpapan menggunakan metode diskusi dan metode bercerita, serta serta pendekatan saintifik. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam penerapan media audio visual yang dilakukan guru yaitu menetapkan indikator yang sesuai dengan kurikulum 2013 serta menyiapkan perencanaan berupa rencana pembelajaran RPPM dan RPPH yang disesuaikan dengan tema dan sub tema, (3) faktor pendukung yaitu dalam mencari materi guru bisa mencari melalui internet untuk dibuat menjadi sebuah cerita dan menyampaikan dalam bentuk audio visual. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya materi cerita berupa compact disc dari sekolah, latar belakang pendidikan guru, pengetahuan dan kemampuan guru dalam menyusun materi pembelajaran, dan kesiapan guru dalam mengajar menggunakan media audio visual.
Kata Kunci = Pembelajaran Kognitif, Media Audio Visual, Strategi Pembelajaran
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ANANDA BALIKPAPAN |
---|---|
Pengarang | ERWIN FERDIAN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ERW p 2020 |
Subyek | Pembelajaran Kognitif, Media Audio Visual, Strateg |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY