PENGARUH IDOL GRUP JKT48 SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE POCARI SWEAT DI UNIVERSITAS MULAWARMAN KALIMANTAN TIMUR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh idol grup JKT48 sebagai celebrity endorser terhadap brand image Pocari Sweat di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur. Celebrity endorser (X) digunakan sebagai variabel independen sedangkan brand image (Y) menjadi variabel dependen.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian yaitu 80 mahasiswa di seluruh Universitas Mulawarman yang pernah menonton iklan Pocari Sweat yang dibintangi JKT48. Teknik penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah populasi yang tidak diketahui. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden secara daring. Data sekunder diperoleh dengan melakukan observasi lapangan. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda dengan bantuan software statistik SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser yang terdiri dari credibility dan attractiveness dalam idol grup JKT48 secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap brand image Pocari Sweat (0,000 < 0,05) dan secara parsial variabel credibility dalam idol grup JKT48 berpengaruh secara signifikan terhadap brand image Pocari Sweat (0,005 < 0,05). Namun, variabel attractiveness dalam idol grup JKT48 secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap brand image Pocari Sweat (0,063 > 0,05). Nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah 0,404, sedangkan nilai koefisien beta tertinggi dijumpai pada variabel credibility (0,446). Dengan demikian, besar pengaruh variabel independen adalah 40,4% dengan variabel dominan yang mempengaruhi brand image adalah credibility.
Kata Kunci : pemasaran, celebrity endorser, brand image.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH IDOL GRUP JKT48 SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE POCARI SWEAT DI UNIVERSITAS MULAWARMAN KALIMANTAN TIMUR |
---|---|
Pengarang | Muhammad Dwi Arnanta - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2020 |
Subyek | pemasaran, celebrity endorser, brand image. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | administrasi bisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY