Detail Cantuman Kembali
Septy Jayanti - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Tentang Perpindahan Panas Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas V SDN 007 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2019/2020

SEPTY JAYANTI. 2020, Peningkatan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA tentang Perpindahan Panas dengan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas V SDN 007 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2019/2020. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Ahmad Ridhani, M. Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Prof. Dr. H. Mohammad Siddik, M. Pd sebagai pembimbing II.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Perpindahan Panas, Mind Mapping
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik muatan IPA materi perpindahan panas pada siswa kelas V SDN 007 Sungai Kunjang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar tematik muatan IPA tentang perpindahan panas dengan model pembelajaran mind mapping siswa kelas V SDN 007 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2019/2020? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik muatan IPA tentang perpindahan panas dengan model pembelajaran mind mapping siswa kelas V SDN 007 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri atas 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Pelaksanaan penelitian ini mencakup 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2020 s/d 27 Februari 2020 di SDN 007 Sungai Kunjang. Data yaitu hasil belajar tematik muatan IPA. Sumber data yaitu siswa kelas V B SDN 007 Sungai Kunjang yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar muatan IPA. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA tentang perpindahan panas pada prasiklus jumlah siswa tuntas 13 orang memperoleh rata-rata kelas 54,97 dengan persentase 37,15% predikat kurang. Pada siklus I jumlah siswa tuntas 21 orang. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 18,70% dari prasiklus, memperoleh rata-rata kelas 65,25 dengan persentase 60% predikat cukup. Pada siklus II jumlah siswa tuntas 31 orang. Hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 44,58% dari prasiklus, memperoleh rata-rata kelas 80,02 dengan persentase 88,57% predikat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar tematik muatan IPA tentang perpindahan panas dengan model pembelajaran Mind Mapping siswa kelas V SDN 007 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Tentang Perpindahan Panas Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas V SDN 007 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2019/2020
Pengarang Septy Jayanti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SEP p 2020
Subyek Hasil Belajar IPA, Perpindahan Panas, Mind Mapping
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua