Detail Cantuman Kembali
Rusdawati - Personal Name

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 003 Sungai Kunjang

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa pada kelas V SDN 003 Sungai Kunjang, yang disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah : (1) Penguasaan konsep kurang maksimal (2) Penggunaan model pembelajaran kurang bervariasi (3) Proses pembelajaran yang masih berupusat pada guru (4) Tidak adanya media pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan model Picture and Picture dan yang tidak menggunakan model Picture and Picture ? Apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara yang diajar menggunakan model Picture and Picture dan yang tidak menggunakan model Picture and Picture ?
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan Kelas VB SDN 003 Sungai Kunjang yang berjumlah 48 siswa, terdiri dari 26 siswa di kelas eksperimen dan 22 siswa dikelas kontrol. Penelitian ini menggunakan Sampling total. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi, menggunakan Analisis statistik korelasi Product moment untuk uji validitas, dan Cronbash’s Alpha untuk uji reliabilitas. Untuk menguji normalitas dan uji homogenitas data menggunakan uji kolmogorov smirnov. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dan uji indpendent sample t-test. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: Hipotesis Nol (Ho): tidak terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPA siswa pada kelas V SDN 003 Sungai Kunjang. Hipotesis Alternatif (Ha): Terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPA siswa pada kelas V SDN 003 Sungai Kunjang.
Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa. Siswa yang diajar tanpa menggunakan model Picture and Picture memiliki niai rata-rata sebesar 80,29. Sedangkan siswa yang diajar menggunakan model Picture and Picture memiliki nilai rata-rata sebesar 68,75. Dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa. Siswa yang diajar pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai Pretest 59,6154 dan rata-rata nilai Posttest 80,29. Kemudian untuk siswa kelas pada kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai nilai Pretest 59,0909 dan rata-rata nila Posttest 68,75.
Kata Kunci : Hasil belajar, Model Picture and Picture.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 003 Sungai Kunjang
Pengarang Rusdawati - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RUS p 2020
Subyek Hasil belajar, Model Picture and Picture
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua