Detail Cantuman Kembali
Atikah Maulidah - Personal Name

PEMBELAJARAN KETERAMPILAN TATA BOGA MEMBUAT “KUE PASTRY” BAGI WARGA BELAJAR PAKET C KELAS XI IPS DI SPNF SKB KOTA SAMARINDA

Atikah Maulidah, 2020. Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Membuat “Kue Pastry” Bagi Warga Belajar Paket C kelas XI IPS di SPNF SKB Kota Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Saraka M. Ali, M.Pd. sebagai pembimbing I dan Hepy Tri Winarti, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II.
Pada umumnya, proses pembelajaran hanya terkait terhadap pembelajaran bersifat akademik. Namun, berbeda dengan keterampilan tata boga yang pada umumnya hanya dilaksanakan jika ada pelatihan atau kegiatan yang mengarah pada pelatihan tertentu. Tetapi, di SPNF SKB Kota Samarinda melaksanakan keterampilan tata boga sebagai pembelajaran yang rutin dilaksanakan bahkan masuk kedalam kurikulum sehingga memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah a. Untuk Mengetahui Perencanaan Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Membuat “Kue Pastry” Bagi Warga Belajar Paket C Kelas XI IPS di SPNF SKB Kota Samarinda. b. Untuk Mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Membuat “Kue Pastry” Bagi Warga Belajar Paket C Kelas XI IPS di SPNF SKB Kota Samarinda. c. Untuk Mengetahui Evaluasi yang dilakukan dalam Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Membuat “Kue Pastry” Bagi Warga Belajar Paket C Kelas XI IPS di SPNF SKB Kota Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dimana fokus penelitiannya yaitu Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Membuat “Kue Pastry”. Penelitian ini dilaksanakan di SPNF SKB Kota Samarinda dengan subjek penelitian 7 personil yang meliputi kepala lembaga, 2 tutor, dan 4 warga belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara sebagai metode pokok dan observasi serta dokumentasi sebagai pendukung. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan: pertama, dalam tahap perencanaan pembelajaran melibatkan kepala lembaga dan tutor, perencanaan program tidak langsung begitu saja dilakukan, tetapi melihat dari tahun sebelumnya jika harus ada yang dibenahi. Kedua, tahap pelaksanaan dalam kegiatan pembelajaran keterampilan tata boga menggunakan kurikulum 2013, menggunakan metode praktek berkelompok dan dilaksanakan pada hari Minggu mulai jam 09.00 pagi sampai selesai. Ketiga, terdapat tahap evaluasi dengan melihat apakah produk yang dibuat oleh warga belajar sudah sesuai dengan yang di ajarkan sehingga kedepannya pembelajaran tata boga ini menghasilkan suatu produk yang sesuai dengan tujuan pembelajaran keterampilan tata boga kue Pastry, dan juga melihat dari tujuan evaluasi, kriteria evaluasi, dan kendala evaluasi. Dari hasil penelitian diatas dapat di simpulkan bahwa proses Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Membuat “Kue Pastry” bagi Warga Belajar Paket C kelas XI IPS di SPNF SKB Kota Samarinda ini harus memenuhi semua tahap agar terlaksana dengan baik. Warga belajar juga mendapatkan keterampilan yang mereka bisa dapatkan.
Kata Kunci : Pembelajaran, Tata Boga, Kue Pastry.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMBELAJARAN KETERAMPILAN TATA BOGA MEMBUAT “KUE PASTRY” BAGI WARGA BELAJAR PAKET C KELAS XI IPS DI SPNF SKB KOTA SAMARINDA
Pengarang Atikah Maulidah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ATI P 2020
Subyek Pembelajaran, Tata Boga, Kue Pastry.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Pendidikan Masyarakat / Pendidikan Luar Sekolah
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua