Detail Cantuman Kembali
MARSELA MEILISA TENING - Personal Name

Studi Hasil Fragmentasi Batuan Pada Peledakan Di PIT 303 JMB Selatan PT.Pamapersada Nusantara Site Jembayan Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur

Pada kegiatan penambangan batubara, salah satu kegiatan awal yang dilakukan dan penting baik dari sisi teknis maupun ekonomis adalah kegiatan pengupasan tanah penutup (overburden) maupun pengupasan lapisan antar batuan (interburden). Batuan yang telah terberaikan atau yang disebut fragmentasi merupakan hal yang penting dari hasil peledakan, karena fragmentasi batuan merupakan dampak langsung dari hasil peledakan yang akan mempengaruhi tahap selanjutnya.
Pada PIT 303 JMB Selatan hasil fragmentasi yang dihasilkan tidak melebihi ukuran 1/3 dimensi bucket excavator. Dengan menganalisis ukuran batuan hasil peledakan menggunakan model photographic hasil yang didapat ukuran rata-rata fragmentasi terkecil pada sampel 6 yaitu 41,696 cm dan ukuran fragmentasi tertinggi pada sampel 5 yaitu 73,365 cm. Nilai dari faktor batuan yang dihasilkan dari kondisi dilapangan adalah 5,07.
Pengaruh perubahan powder factor terhadap fragmentasi hasil peledakan di PT. Pama Persada Nusantara dikatakan berhasil karena dari hasil pengamatan, fragmentasi memiliki ukuran yang tidak melebihi dari ukuran bucket yang digunakan oleh perusahaan. Dimana fragmentasi ukuran terkecil adalah 41,696 cm dengan powder factor 0,14 kg/BCM dan ukuran fragmentasi terbesar adalah 73,365 cm dengan powder factor 0,17 kg/BCM.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Studi Hasil Fragmentasi Batuan Pada Peledakan Di PIT 303 JMB Selatan PT.Pamapersada Nusantara Site Jembayan Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur
Pengarang MARSELA MEILISA TENING - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAR s 2020
Subyek Stemtite, Fragmentasi, Energi, Agregat, Digging Ti
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Pertambangan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua