Pengaruh Kemampuan Numerik dan Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP IT Cordova Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019
Latar belakang penelitian ini yaitu berdasarkan data rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII SMP IT Cordova yang rendah dan berdasarkan pemaparan guru perlunya mengukur kemampuan numerik dan siswa kurang mempersiapkan diri dalam belajar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung kemampuan numerik dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP IT Cordova Samarinda tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2019. Dalam penelitian ini kemampuan numerik (X1) dan kesiapan belajar (X2) berperan sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Cordova Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh sebanyak 3 kelas dengan jumlah 102 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan angket. Sebelum penelitian diadakan uji coba pada satu kelas yang bukan bagian dari sampel penelitian. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis jalur dengan taraf signifikan 5%.
Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor variabel kemampuan numerik sebesar 60,61 tergolong sedang, rata-rata skor kesiapan belajar sebesar 51,68 tergolong rendah, dan rata-rata skor hasil belajar matematika siswa sebesar 53,65 tergolong sangat rendah. Berdasarkan analisis inferensial diperoleh p = 0,000 pada α = 0,05 sehingga p < α dan nilai koefisien jalur sebesar 0,488 artinya terdapat pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika siswa, nilai p = 0,000 pada α = 0,05 sehingga p < α dan koefisien jalur sebesar 0,299 artinya terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Selain itu diperoleh p = 0,001 pada α = 0,05 sehingga p < α dan koefisien jalur sebesar 0,174 artinya terdapat pengaruh tidak langsung kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kemampuan numerik.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung kemampuan numerik dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP IT Cordova Samarinda, serta terdapat pengaruh tidak langsung kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika melalui kemampuan numerik siswa kelas VIII SMP IT Cordova Samarinda.
Kata kunci: Kemampuan Numerik, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar Matematika
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Kemampuan Numerik dan Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP IT Cordova Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | Ummi Fatihatul Fauziah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI UMM p 2019 |
Subyek | Hasil Belajar Matematika Kemampuan Numerik, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY