Detail Cantuman Kembali
Prayogi Yanuar Sujali - Personal Name

Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Pembelajaran Asma’ul Husna di Kelas X Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda

Prayogi Yanuar Sujali, 2020. Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Pembelajaran Asma’ul Husna di Kelas X Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Haeruddin, M.Si. selaku Pembimbing I dan Andi Rustandi, S.Kom., M.TI., M.H. selaku Pembimbing II.
Menghadapi tantangan sekaligus peluang yang besar dari Era Revolusi Industri 4.0 maka bidang pendidikan dituntut untuk berubah juga. Peserta didik yang dihadapi guru saat ini merupakan generasi milenial yang tidak asing lagi dengan teknologi digital. Sehingga salah satu upaya yang dapat dilakukan sesuai konsep Era Pendidikan 4.0 dan sesuai untuk generasi milenial yaitu dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi digital berupa “smartphone” sebagai media pembelajaran.
Dalam menanggapi fenomena tersebut, penulis ingin memberikan inovasi media pembelajaran dengan menggunakan smartphone berbasis Android, yang penulis beri nama “Educacom”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan Educacom dengan materi pembelajaran Asma’ul Husna di Kelas X Multimedia SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi desain pembelajaran dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).
Terdapat dua hasil dalam penelitian ini yang dapat disimpulkan, yang pertama yaitu pengembangan Educacom dengan menggunakan aplikasi pendukung pengembangan yang terdiri dari Microsoft PowerPoint, Google Formulir, iSpring Suite, dan Website 2 APK Builder Pro serta materi pembelajaran Asma’ul Husna, kemudian yang kedua yaitu hasil uji kelayakan Educacom dengan materi pembelajaran Asma’ul Husna di Kelas X Multimedia SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda dengan rerata skor yang diperoleh yaitu 216,7 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Asma’ul Husna, ADDIE, Uji Kelayakan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Pembelajaran Asma’ul Husna di Kelas X Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda
Pengarang Prayogi Yanuar Sujali - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PRA i 2020
Subyek Media Pembelajaran, Android, ADDIE, Uji Kelayakan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Pendidikan Matematika Konsentrasi Pendidikan Ilmu Komputer
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua