Detail Cantuman Kembali
RESKI - Personal Name

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG TUMBUHAN KECAPI (Sandoricum koetjape (Burm.f.) Merr.) TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA MENCIT JANTAN (Mus musculus)

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang pemanfaatan ekstrak etanol kulit batang tumbuhan kecapi (Sandoricum koetjape (Burm.f.) Merr.) yang telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol total pada mencit jantan (Mus musculus). Pada penelitian ini sampel dimaserasi dengan etanol 96% kemudian dipekatkan dengan rotary evaporator, diperoleh rendemen 10.6%. Berdasarkan hasil uji fitokimia, jenis metabolit sekunder yang terdapat pada kulit batang kecapi yaitu alkaloid, flavonoid, triterpenoid, fenolik dan saponin. Pada uji aktivitas antihiperkolesterolemia menggunakan hewan uji mencit jantan, terdapat beberapa perlakuan yaitu kontrol negatif (-), kontrol positif (+) dan tiga perlakuan dengan perbedaan dosis, yaitu dosis rendah (7.5 mg/kg BB), dosis sedang (15 mg/kg BB) dan dosis tinggi (30 mg/kg BB). Parameter yang diukur adalah serum darah mencit jantan dengan menggunakan alat Fotometer 5010 serta Cholesterol Test Strip. Dari uji ini menunjukkan penurunan kadar kolesterol total yang efektif adalah pada dosis 30 mg/kg BB dengan presentase 26.33%.
Kata kunci : Kulit Batang Tumbuhan Kecapi (Sandoricum koetjape (Burm.f.) Merr.), Uji Fitokimia, Kadar Kolesterol Total, Fotometer 5010, Cholesterol Test Strip.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG TUMBUHAN KECAPI (Sandoricum koetjape (Burm.f.) Merr.) TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA MENCIT JANTAN (Mus musculus)
Pengarang RESKI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua