Detail Cantuman Kembali
Eka Nur Amaliah - Personal Name

Regresi Data Panel dengan Pendekatan Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM) dan Random Effect Model (REM) (Studi Kasus: Persentase Penduduk Miskin Menurut Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur Tahun 2015-2018)

Regresi data panel merupakan regresi yang menggabungkan data cross section dan data time series. Estimasi regresi data panel dapat dilakukan melalui tiga pendekatan yakni Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM) dan Random Effect Model (REM). Pada peneltian ini akan dibuat pemodelan persentase penduduk miskin menurut Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur menggunakan analisis regresi data panel. Kemiskinan terjadi diakibatkan karena kurangnya pendapatan dan aset untuk memenuhi kebutuhan dasar. Kebutuhan dasar ini berupa pangan, sandang, dan papan. Kemiskinan juga berkaitan dengan keterbatasan akses pendidikan dan kesehatan yang tidak memadai. Atas dasar tersebut maka digunakan variabel yang diasumsikan mempengaruhi persentase penduduk miskin diantaranya Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan Pengeluaran Perkapita Disesuaikan (PPD). Berdasarkan hasil pengujian diperoleh bahwa model FEM adalah model yang terbaik. Faktor yang berpengaruh signifikan adalah Indeks Pembangunan Manusia dan Pengeluaran Perkapita Disesuaikan. Nilai Koefisien determinasi sebesar 0,7755 artinya Indeks Pembangunan Manusia dan Pengeluaran Perkapita Disesuaikan dapat menjelaskan persentase penduduk miskin menurut Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur sebesar 77,55% sedangkan sisanya 22,45% dipengaruhi oleh variabel lain yang belum masuk ke dalam model. Kata Kunci: Common Effect Model, Fixed Effect Model, Kemiskinan, Random Effect Model dan Regresi Data Panel.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Regresi Data Panel dengan Pendekatan Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM) dan Random Effect Model (REM) (Studi Kasus: Persentase Penduduk Miskin Menurut Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur Tahun 2015-2018)
Pengarang Eka Nur Amaliah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI EKA r 2020
Subyek Common Effect Model, Fixed Effect Model, Kemiskina
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Statistika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua