Detail Cantuman Kembali
MISNAWATI - Personal Name

STUDI TENTANG SISWA YANG MENGALAMI PRESTASI BELAJAR RENDAH DI KELAS XI AGAMA ISLAM MAN 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014/2015

ABSTRAK
Misnawati.Studi Tentang Siswa Yang Mengalami Prestasi Belajar Rendah Di Kelas XI Agama Islam MAN 2 Samarinda Tahun Ajaran 2014/2015. Di bawah bimbingan Bapak Drs. H. Sujiman, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Drs. H. Mulyadi, M.Si selaku dosen pembimbing II.
Kata Kunci : Prestasi Belajar Rendah
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah. “Apa factor penyebab siswa yang mengalami prestasi belajar rendah dan bagaimana usaha guru BK dalam membantu mengatasi siswa yang mengalami prestasi belajar rendah di kelas Agama Islam MAN 2 Samarinda tahun ajaran 2014/2015 ?
”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui factor penyebab siswa yang mengalami prestasi belajar rendah dan untuk mengetahui usaha guru BK dalam membantu mengatasi siswa yang mengalami prestasi belajar rendah di kelas XI Agama Islam MAN 2 Samarinda tahun ajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini termasuk metode survey dengan menggunakan pendekatan studi kasus.Sumber data penelitian ini adalah seorang siswa dikelas XI agama islam yang mengalami prestasi belajar rendah, guru bimbingan dan konseling, wali kelas XI agama islam, orang tua siswa dan teman dekat siswa sebagai pelengkap kevalidan data.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara sebagai teknik utama. Sebagai pendukung menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui proses menganalisis dari hasil pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data dengan menggunakan teknik bimbingan konseling yaitu analisis, sintesis, diagnosis, prognosis, treatment dan follow up.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di MAN 2 Samarinda dapat diketahui masalah prestasi belajar rendah yang dialami oleh salah satu siswa kelas XI agama islam di MAN 2 Samarinda yang menjadi penyebabnya ada dua factor yaitu faktor intern diantaranya mengalami kelelahan, memiliki gangguan penglihatan (mata minus), malas belajar dan hanya belajar pada saat pelajaran agama,kurangnya waktu belajar dan dari factor ekstern diantaranya dari keluarga menengah kebawah, memiliki orang tua tunggal yaitu ayah, orang tua bercerai,kurang perhatian dari seorang ibu.
Dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar rendah yang dialami oleh salah satu siswa di kelas XI agama islam MAN 2 Samarinda telah ditangani oleh guru BK dengan baik

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG SISWA YANG MENGALAMI PRESTASI BELAJAR RENDAH DI KELAS XI AGAMA ISLAM MAN 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014/2015
Pengarang MISNAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua