Detail Cantuman Kembali
Arista Putri Damayanti - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Suhu dan Kalor Terhadap Perubahan Wujud Benda Melalui Model Inquiry Pada Siswa Kelas V SDN 013 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi pengaruh suhu dan kalor terhadap perubahan wujud benda di kelas V SDN 013 Samarinda Ulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatan hasil belajar IPA materi pengaruh suhu dan kalor terhadap perubahan wujud benda melalui model inquiry pada siswa kelas V SDN 013 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020?. Maka tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar IPA materi pengaruh suhu dan kalor terhadap perubahan wujud benda melalui model inquiry pada Siswa Kelas V SDN 013 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 013 Samarinda Ulu dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa dan objek penelitian adalah hasil belajar IPA materi pengaruh suhu dan kalor terhadap perubahan wujud benda dengan model inquiry. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata, rumus persentase ketuntasan, dan rumus peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPA pada siklus I meningkat sebesar 16,49 poin dari nilai rata-rata pretest yang dijadikan sebagai nilai prasiklus yaitu 51,78 menjadi 68,27. Hasil belajar siswa siklus II meningkat sebesar 6,21 dari nilai rata-rata siklus I 68,27 menjadi 74,48. Pada siklus III hasil belajar siswa meningkat sebesar 6,2 dari nilai rata-rata siklus II 74,48 menjadi 80,68. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA materi pengaruh suhu dan kalor terhadap perubahan wujud benda melalui model inquiry pada siswa kelas V SDN 013 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Suhu dan Kalor Terhadap Perubahan Wujud Benda Melalui Model Inquiry Pada Siswa Kelas V SDN 013 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020
Pengarang Arista Putri Damayanti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ARI p 2020
Subyek Hasil Belajar IPA, Suhu dan Kalor, Perubahan Wujud
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua