Detail Cantuman Kembali
YENY PUJI ASTUTI - Personal Name

PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI KANTOR UNIT PENYELENGGARA BANDAR UDARA APT. PRANOTO SAMARINDA

YENY PUJI ASTUTI, Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Pada Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara APT. Pranoto Samarinda. Dibawah bimbingan Theresia Militina selaku pembimbing I dan Felisitas Defung selaku pembimbing II.
Kinerja pegawai pada Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara APT. Pranoto akhir – akhir ini cenderung mengalami penurunan hal ini disebabkan kurangnya motivasi dalam bekerja, serta faktor kepemimpinan yang sepenuhnya belum dapat mendukung dalam meningkatkan kinerja pegawai sehingga berdampak pada kepuasan pegawai.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel kepemimpinan dan motivasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara APT. Pranoto Samarinda. Kepuasan kerja adalah suatu sikap umum seorang individu terhadap pekerjaan serta kondisi tempat kerjanya. Sedangkan kinerja adalah hasil kerja yang telah dicapai pegawai dalam tugas dan tanggung jawab yang telah dibebankan kepadanya. Jumlah populasi sebanyak 57 pegawai yang dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa kuisioner dan model analisis yang digunakan adalah analisis path (path analysis).
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Adapun motivasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja. Serta kepuasan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja. Adanya pengaruh kepemimpinan dan Motivasi terhadap kepuasan sebab di kantor pemimpin bersahabat dan lebih fokus pada pencapaian kepuasan kerja dan memberikan motivasi sehingga kepuasan pegawai terpenuhi. Motivasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja, hal tersebut disebabkan seorang pegawai yang bekerja dibatasi oleh adanya kebijakan atasan, waktu lembur kurang , dan pegawai tersebut kebutuhan kerjanya kurang diberikan motivasi baik dari pimpinan maupun terhadap sesama pegawai. Adapun kepuasan yang berpengaruh negatif terhadap kinerja pegawai disebakan adanya sarana dan prasarana yang kurang mendukung kinerja pegawai belum sepenuhnya memadai, seperti ketersediaan komputer terbatas, AC ruangan tidak berfungsi, waktu kerja yang padat, dan lain sebagainya.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Motivasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerja Pegawai

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI KANTOR UNIT PENYELENGGARA BANDAR UDARA APT. PRANOTO SAMARINDA
Pengarang YENY PUJI ASTUTI - Personal Name
No. Panggil TESIS YEN p 2020
Subyek Kepemimpinan, Motivasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerj
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan MAGISTER ILMU EKONOMI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua