Detail Cantuman Kembali
Septian Fazrin - Personal Name

ANALISIS PENGARUH NILAI MINERAL MATTER TERHADAP DENSITAS DAN NILAI KALOR PADA BATUBARA PT BUKIT BAIDURI ENERGI SITE MERANDAI KECAMATAN LOA KULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Kualitas batubara adalah sifat fisika dan kimia dari batubara yang mempengaruhi potensi kegunaannya. Kualitas batubara ditentukan oleh maseral dan mineral matter penyusunnya, serta oleh derajat coalification (rank). Umumnya untuk menentukan kualitas batubara dilakukan analisis kimia pada batubara yang diantaranya berupa analisis proksimat dan analisis ultimat. Oleh karena itu, analisis pengaruh nilai mineral matter perlu dilakukan sebab merupakan salah satu parameter dalam mengevaluasi batubara dan menentukan derajat coalification (rank).

Dalam penelitian ini meliputi uji kualitas batubara pada pit site Merandai PT. Bukit Baiduri Energi. Membahas mengenai faktor-faktor yang menyebabkan perubahan kualitas batubara serta pencegahan yang dilakukan agar tidak terjadi perubahan kualitas yang signifikan pada batubara.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa Inherent mineral matter pada Seam A3 mempengaruhi 98,29% peningkatan nilai densitas dan 55,58% peningkatan nilai GCV MMMF dikarenakan nilai Ash dan TS yang saling berlawanan. Extraneous mineral matter pada Seam A2 mempengaruhi 74,73% peningkatan nilai densitas dan 25,65% penurunan nilai GCV MMMF dikarenakan nilai Ash dan TS yang mempunyai pola sebaran yang sama. Inherent mineral matter pada Seam A1 mempengaruhi 37,79% penurunan nilai densitas dan 40,63% penurunan nilai GCV MMMF dikarenakan nilai Ash dan TS yang saling berlawanan. Inherent mineral matter pada Seam A mempengaruhi 97,64% peningkatan nilai densitas dan 82,99% penurunan nilai GCV MMMF dikarenakan nilai Ash dan TS yang mempunyai pola sebaran yang sama. Inherent mineral matter pada Seam AT mempengaruhi 92,98% nilai densitas dan 78,56% penurunan nilai GCV MMMF dikarenakan nilai Ash dan TS yang mempunyai pola sebaran yang sama.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENGARUH NILAI MINERAL MATTER TERHADAP DENSITAS DAN NILAI KALOR PADA BATUBARA PT BUKIT BAIDURI ENERGI SITE MERANDAI KECAMATAN LOA KULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang Septian Fazrin - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SEP a 2020
Subyek batubara, densitas, kualitas, mineral matter, seam
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan TEKNIK PERTAMBANGAN S1
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua