Detail Cantuman Kembali
INDAH OKTAVIA PUTRI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 027 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020.

Indah Oktavia Putri, 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema Peristiwa dalam Kehidupan dengan Model Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas V SD Negeri 027 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2019/2020. Pembimbing I Sukriadi, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Muhlis, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Peristiwa dalam Kehidupan, Talking Stick
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS tentang Peristiwa dalam Kehidupan siswa kelas V SD Negeri 027 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2019/2020. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS tentang peristiwa dalam kehidupan dengan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas V SD Negeri 027 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang peristiwa dalam kehidupan dengan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas V SD Negeri 027 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2020 sampai dengan 26 Februari 2020 di SD Negeri 027 Sungai Kunjang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V-B yang berjumlah 36 siswa dan objek penelitian adalah hasil belajar IPS tentang peristiwa dalam kehidupan dengan model pembelajaran Talking Stick. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus sebesar 58,97 meningkat menjadi 66,25 pada siklus I dengan persentase peningkatan hasil belajar 12,35% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 61,11% dengan predikat kurang. Persentase ketuntasan klasikal belum mencapai indikator keberhasilan sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,06 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 35,78% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 80,56% dengan predikat baik. Persentase ketuntasan telah mencapai indikator keberhasilan, sehingga penelitian dihentikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS tema peristiwa dalam kehidupan dengan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas V SD Negeri 027 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2019/2020.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 027 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020.
Pengarang INDAH OKTAVIA PUTRI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IND p 2020
Subyek Model Pembelajaran Talking Stick, IPS
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua