Detail Cantuman Kembali
MARTINUS - Personal Name

Pengaruh Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L) dan Daun Jambu Biji Merah (Psidium guajava L) Sebagai Pestisida Nabati Terhadap Seragan Serangga Hama Pada Tanaman Jagung Manis (Zea mays L)

Martinus, 2020. Pengaruh Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L) dan Daun Jambu Biji Merah (Psidium guajava L) Sebagai Pestisida Nabati Terhadap Intensitas Serangan Serangga Hama Pada Tanaman Jagung Manis (Zea mays L). Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Sonja V.T. Lumowa, M.Kes selaku pembimbing I dan Dr. Didimus TB. M. Kes selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ekstrak daun belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L) dan daun jambu biji merah (Psidium guajava L) sebagai pestisida terhadap intensitas serangan serangga hama pada tanaman jagung manis (Zea mays L). Jenis penelitian yang digunakan ekspiremen. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan mulai Oktober sampai dengan Desember 2019. Penelitian ini dilaksanakan di lahan pertanian Jln. Mugerjo Gang Terbina 3, Kelurahan Sungai Pinang, Kecamatan Samarinda Utara. penelitian ini menggunakanTeknik Probabilitas Sampling (Simpel Random Sampling) yakni random sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan observasi intensitas serangan serangga hama. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan lima perlakuan (termasuk kontrol) yang diulang sebanyak lima kali. Masing-masing perlakuan tersebut ialah aplikasi ekstrak daun belimbing wuluh, ekstrak daun jambu biji merah, dan kombinasi kedua ekstrak tersebut dengan konsentrasi yang sama yaitu 60% dan kontrol (tanpa ekstrak). Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan Analisis of Variance dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil 5%. Hasil analisis data memberikan hasil Fhitung sebesar (80.36, 37.01, 49.46; dan 58.63) > Ftabel taraf signifikan 1% (4.77) sehingga, pemberian ekstrak daun Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi) dan Daun Jambu Biji Merah (Psidium guajava L) memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap intensitas serangan serangga hama pada tanaman jagung manis (zea mays).
Kata kunci : daun belimbing wuluh, daun jambu biji merah, pestisida nabati, hama, dan tanaman jagung manis

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L) dan Daun Jambu Biji Merah (Psidium guajava L) Sebagai Pestisida Nabati Terhadap Seragan Serangga Hama Pada Tanaman Jagung Manis (Zea mays L)
Pengarang MARTINUS - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAR p 2020
Subyek ekstrak, daun belimbing wuluh, daun jambu biji mer
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua