Detail Cantuman Kembali
Titra Weni - Personal Name

Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda

TITRA WENI, 2020. Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Mustangin, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd sekalu pembimbing II
Pendidikan kesetaraan paket B berbasis kurikulum 2013 merupakan program pendidikan luar sekolah yaitu setara dengan pendidikan formal SMP/MTs. Penyelenggaran pendidikan ini diselenggarakan dengan mengikuti kurikulum seharusnya yaitu kurikulum 2013 dan diharapkan menjawab solusi bagi masyarakat yang putus sekolah atau yang memerlukan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B berbasis Kurikulum 2013 dan faktor apa saja yang mempengaruhi proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Samarinda khusus program Paket B. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan kesetaraan paket B berbasis Kurikulum 2013 di SKB Kota Samarinda terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dan faktor yang mempengaruhi hasil belajar warga belajar paket B. Proses perencanaan dilaksanakan dengan menyusun program tahunan dan program semesteran yang dimulai dengan menyusun perangkat pembelajaran yang akan digunakan untuk pembelajaran yaitu, menyusun RPP dan silabus yang disesuaikan dengan modul pendidikan kesetaraan paket B kurikulum 2013 dan mengrekrut warga belajar dengan sosialisasi baik secara terbuka maupun individu. Proses pelaksanaan pembelajaran meliputi tahap awal, inti dan penutup dengan mengikuti jadwal pelaksanaan pembelajaran yang sudah ditentukan oleh lembaga. Memudahkan tutor dalam menyampaikan materi tutor paket B menggunakan media dan metode pembelajaran. Proses penilaian diawali dengan kepala lembaga memonitoring setiap perencanaan yang akan tutor jalankan hal ini bertujuan agar kepala lembaga dapat melihat sejauh mana persiapan tutor untuk melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Tutor melaksanakan penilaian pembelajaran untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran dengan membuat catatan penilaian kepada setiap warga belajar paket B. Penilaian ini dilaksanakan setiap kali pertemuan. Faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar warga belajar terdiri dari faktor intern yakni minat dan bakat sedangkan faktor ekstren yaitu perhatian orangtua, keadaan ekonomi orangtua, guru/tutor, teman bergaul, dan sarana prasarana.
Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Kesetaraan, Kurikulum 2013, Sanggar Kegiatan Belajar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda
Pengarang Titra Weni - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TIT P 2020
Subyek Pembelajaran, Pendidikan Kesetaraan, Kurikulum 201
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Pendidikan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua