Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda
TITRA WENI, 2020. Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Mustangin, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd sekalu pembimbing II
Pendidikan kesetaraan paket B berbasis kurikulum 2013 merupakan program pendidikan luar sekolah yaitu setara dengan pendidikan formal SMP/MTs. Penyelenggaran pendidikan ini diselenggarakan dengan mengikuti kurikulum seharusnya yaitu kurikulum 2013 dan diharapkan menjawab solusi bagi masyarakat yang putus sekolah atau yang memerlukan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B berbasis Kurikulum 2013 dan faktor apa saja yang mempengaruhi proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Samarinda khusus program Paket B. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan kesetaraan paket B berbasis Kurikulum 2013 di SKB Kota Samarinda terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dan faktor yang mempengaruhi hasil belajar warga belajar paket B. Proses perencanaan dilaksanakan dengan menyusun program tahunan dan program semesteran yang dimulai dengan menyusun perangkat pembelajaran yang akan digunakan untuk pembelajaran yaitu, menyusun RPP dan silabus yang disesuaikan dengan modul pendidikan kesetaraan paket B kurikulum 2013 dan mengrekrut warga belajar dengan sosialisasi baik secara terbuka maupun individu. Proses pelaksanaan pembelajaran meliputi tahap awal, inti dan penutup dengan mengikuti jadwal pelaksanaan pembelajaran yang sudah ditentukan oleh lembaga. Memudahkan tutor dalam menyampaikan materi tutor paket B menggunakan media dan metode pembelajaran. Proses penilaian diawali dengan kepala lembaga memonitoring setiap perencanaan yang akan tutor jalankan hal ini bertujuan agar kepala lembaga dapat melihat sejauh mana persiapan tutor untuk melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Tutor melaksanakan penilaian pembelajaran untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran dengan membuat catatan penilaian kepada setiap warga belajar paket B. Penilaian ini dilaksanakan setiap kali pertemuan. Faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar warga belajar terdiri dari faktor intern yakni minat dan bakat sedangkan faktor ekstren yaitu perhatian orangtua, keadaan ekonomi orangtua, guru/tutor, teman bergaul, dan sarana prasarana.
Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Kesetaraan, Kurikulum 2013, Sanggar Kegiatan Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda |
---|---|
Pengarang | Titra Weni - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI TIT P 2020 |
Subyek | Pembelajaran, Pendidikan Kesetaraan, Kurikulum 201 |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Masyarakat |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY