Detail Cantuman Kembali

PENAMBAHAN LARUTAN DAUN KETAPANG (Terminalia catappa L.) DALAM MEDIA BUDIDAYA UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus var.)

MUHAMMAD THESAR HARI NUGRAHA, 2020. Penambahan Larutan Daun Ketapang (Terminalia catappa L.) Dalam Media Budidaya untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus var.) (dibimbing oleh Sulistyawati dan Sumoharjo).
Penelitian ini bertujuan menganalisis pertumbuhan benih ikan lele Sangkuriang (Clarias gariepinus var.) yang dtambahkan larutan daun ketapang dalam media pemeliharaan dengan konsentrasi berbeda, serta untuk mengetahui konsentrasi larutan daun ketapang yang dapat ditoleransi oleh benih ikan lele Sangkuriang.
Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Toksikologi Perairan sejak tanggal 04 September – 04 Oktober 2019. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan, yaitu ; P0 =kontrol (tanpa pemberian larutan daun ketapang); P1 = Larutan Daun Ketapang dengan konsentrasi 400 ppm; P2 = Larutan Daun Ketapang dengan konsentrasi 600 ppm dan P3 = Larutan Daun Ketapang dengan konsentrasi 800 ppm , dan Analisis data menggunakan Analisis Sidik Ragam dengan tingkat kepercayaan 95%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan larutan daun ketapang dengan konsentrasi yang berbeda menghasilkan pertumbuhan berat dan panjang yang berbeda antar perlakuan. Pertumbuhan tertinggi pada perlakuan P2 (konsentrasi larutan daun ketapang 600 ppm) dengan pertumbuhan berat 3.84 gram dan pertumbuhan panjang 5.24 cm., terendah pada perlakuan P3 (konsentrasi larutan daun ketapang 800 ppm), yaitu berat 2,81 gram dan panjang 3,83 cm. Untuk rasio konversi pakan tertinggi dicapai oleh perlakuan P0 yaitu 2,18 dan terendah dicapai oleh perlakuan P2 yaitu 1,21. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian larutan daun ketapang sebesar 600 ppm menghasilkan pertumbuhan dan konversi pakan lebih baik dibandingkan perlakuan lainnya.
Kata Kunci : Larutan Daun Ketapang (Terminalia catappa L.), Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus var.), pertumbuhan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENAMBAHAN LARUTAN DAUN KETAPANG (Terminalia catappa L.) DALAM MEDIA BUDIDAYA UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus var.)
Pengarang MUHAMMAD THESAR HARI NUGRAHA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2020
Subyek Larutan Daun Ketapang (Terminalia catappa L.), Ika
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Budidaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua