Peran Instruktur Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Kursus Komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Cendana Samarinda
ANDI LOVA SURYA WANGSA 2019, Peran Instruktur Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Kursus Pada Kursus Komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Cendana Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Drs, Riyadi, M.Si selaku Pembimbing I dan Sri Wahuni, S.Pd, M. Pd selaku dosen Pembimbing II.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Peran Instruktur dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Kursus pada Kursus Komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Cendana Samarinda” sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah “Untuk mendiskripsikan Bagaimana Peran Instruktur dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Kursus Pada Kursus Komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan”. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis metode penelitian kualitatif. Pendekatan Kualitatif dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran instruktur dalam meningkatkan motivasi belajar peserta kursus dalam kursus komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Cendana Samarinda. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Kursus dan Pelatihan Cendana Samarinda dengan sumber yaitu Instruktur dan Peserta Kursus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara terstruktur sebagai metode pokok sedangkan observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, data reduction/penyerdehanaan data, data display,penyajian data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan peran instruktur dalam meningkatkan motivasi belajar peserta kursus dalam kursus komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Cendana Samarinda telah berjalan dengan baik menunjukkan bahwa peran instruktur (1) sebagai panduan yang baik,(2) sebagai seorang motivator, dan (3) sebagai mekanisme. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran sosok instruktur yang dihormati oleh semua peserta dalam kursus dan dari semua lapisan masyarakat, Kemudian Kendala yang dihadapi oleh instruktur dalam meningkatkan motivasi belajar prserta kursus adalah beberapa faktor internal dan eksternal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran instruktur dalam kursus komputer adalah instruktur sebagai instruktur yang berkualifikasi yang dapat membuat dan menerapkan program pembelajaran yang terstruktur dengan baik, instruktur sebagai motivator yang baik dapat mengelola dan mengendalikan diri mereka sendiri dan peserta kursus.
Kata Kunci : Peran Instruktur, Meningkatkan Motivasi, Peserta Kursus
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peran Instruktur Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Kursus Komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Cendana Samarinda |
---|---|
Pengarang | Andi Lova Surya WAngsa - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AND p 2019 |
Subyek | peran instruktur, meningkatkan motivasi, peserta k |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Luar Sekolah |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY