Detail Cantuman Kembali
AZWAR ANWAR - Personal Name

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI LEVEL GEOMETRI VAN HIELE DAN JENIS KELAMIN SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 10 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014/2015

ABSTRAK
Anwar, Azwar. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Level Geometri Van Hiele dan Jenis Kelamin Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Safrudiannur, S.Pd, M.Pd dan (II) Drs. Asyril, M.Si.
Kata kunci : hasil belajar matematika, level geometri Van Hiele dan jenis kelamin siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui distribusi level geometri siswa berdasarkan teori Van Hiele, (b) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa berdasarkan level geometri Van Hiele, (c) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa berdasarkan jenis kelamin, (d) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa berdasarkan level geometri Van Hiele dan jenis kelamin siswa di kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2015.
Jenis penelitian adalah Ex Post Facto, dalam penelitian terdapat dua variabel bebas, yaitu pola asuh orang tua (X1) dan jenis kelamin (X2), dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa (Y). Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dan diperoleh sampel sebanyak 182 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes level geometri Van Hiele dan tes hasil belajar.Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis varian (anova) dengan taraf signifikansi (α) sebesar 0,05 atau 5%.
Berdasarkan perhitungan analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa dari 182 sampel, hanya 170 siswa yang termasuk dalam level geometri Van Hiele yaitu ada sebanyak 62 siswa berada pada level 0, sebanyak 97 siswa berada pada level 1, sebanyak 5 siswa dengan pada level 2, dan sebanyak 6 siswa berada pada level 3. Sedangkan, jumlah siswa dengan jenis kelamin laki-laki adalah 79 siswa dan jumlah siswa dengan jenis kelamin perempuan adalah 91 siswa.
Pada analisis inferensial berdasarkan analisis varian (anova dua arah) memberikan kesimpulan bahwa (a) untuk hasil belajar berdasarkan level geometri Van Hiele diperoleh Fhitung= 13,793 > Ftabel = 9,28 berarti H0 ditolak artinya terdapat perbedaan hasil belajar matematika berdasarkan level geometri Van Hiele, (b) untuk hasil belajar berdasarkan jenis kelamin karena Fhitung = 4,836 > Ftabel= 3,84 diperoleh H0 ditolak artinya terdapat perbedaan hasil belajar matematika berdasarkan jenis kelamin siswa, (c) untuk hasil belajar berdasarkan level geometri Van Hiele dan jenis kelamin siswa diperoleh Fhitung = 4,613 > Ftabel = 3,00 berarti H0 ditolak artinya terdapat perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari level geometri Van Hiele dan jenis kelamin siswa di kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2014/2015.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI LEVEL GEOMETRI VAN HIELE DAN JENIS KELAMIN SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 10 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014/2015
Pengarang AZWAR ANWAR - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua