Detail Cantuman Kembali
Denny Rahmadani - Personal Name

KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT ADAT DAYAK BENUAQ TERHADAP PEMBUKAAN LAHAN DENGAN CARA DI BAKAR (STUDI DI KAMPUNG MENCIMAI KECAMATAN BARONG TONGKOK, KABUPATEN KUTAI BARAT)

Latar belakang ini muncul, karena adannya pembukaan lahan pertanian masyarakat adat sekitar dengan cara dibakar yang bertentangan dengan Undang-undang Nomor 39 Tahun 2009 (UU PPLH). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai kearifan lokal di daerah tersebut dan untuk mengetahui bentuk perlindungan pemerintah daerah terhadap pembukaan lahan dengan cara dibakar.
Penelitian ini menggunakan metode sosio-legal research. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data sekunder dan primer. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pembukaan lahan yang dilakukan masyarakat adat dengan cara dibakar merupakan sebuah adatistiadat masyarakat sebelum memulai kegiatan pertanian. Peraturan peundangan undangan yang melarang pembukaan lahan dengan cara di bakar membuat suatu konflik antara masyarakat adat dengan pemerintah daerah. Pembukaan lahan dengan cara dibakar sudah merupakan dari bagian kearifan lokal pembukaan lahan dengan cara dibakar, sudah dan dilakukan secara turun temurun sebagai proses sebelum berladang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT ADAT DAYAK BENUAQ TERHADAP PEMBUKAAN LAHAN DENGAN CARA DI BAKAR (STUDI DI KAMPUNG MENCIMAI KECAMATAN BARONG TONGKOK, KABUPATEN KUTAI BARAT)
Pengarang Denny Rahmadani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DEN k 2020
Subyek masyarakat adat, adat istiadat, lahan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan ILMU HUKUM
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua