Detail Cantuman Kembali
Hesti Nurlinda - Personal Name

Optimasi Metode Ekstraksi Berbantu Mikrowave Dengan Pelarut NADES (Asam Laktat-Sukrosa) Terhadap Kadar Polifenol Total Dari Kadamba (Mitragyna speciosa Korth.)

Kadamba (Mitragyna speciosa Korth.) mengandung beberapa metabolit sekunder. Salah satu kandungan tanaman ini adalah polifenol yang berpotensi dapat mengobati berbagai penyakit. Tanaman endemik Kalimantan Timur ini secara empiris digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti hipertensi, mengurangi rasa sakit, diare dan batuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh kondisi optimum hasil ekstraksi kadamba (Mitragyna speciosa Korth.) terhadap kadar polifenol total yang diperoleh. Untuk memperoleh senyawa target, dilakukan ekstraksi non-konvensional dengan menggunakan metode Microvawe-Assisted Extraction (MAE) dengan pelarut Natural deep eutectic solvents (NADES) asam laktat – sukrosa yang dioptimasi menggunakan Response Surface Methodologhy (RSM) dengan empat parameter ekstraksi yaitu kekuatan mikrowave (%), waktu ekstraksi (menit), rasio NADES (g/g) dan rasio solid-liquid (g/mL). Penetapan kadar polifenol total menggunakan spektrofotometer Uv-Vis dengan panjang gelombang maksimum 770 nm. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kondisi optimum pada kekuatan mikrowave 30%, waktu ekstraksi 15 menit, rasio NADES 2:1 g/g dan rasio solid-liquid 1:10 g/mL dan diperoleh kadar polifenol total sebesar 385,18 mgGAE/g. Berdasarkan penelitian ini membuktikan bahwa perbedaan parameter kekuatan mikrowave, waktu ekstraksi, rasio NADES, dan rasio solid-liquid dapat mempengaruhi jumlah kadar polifenol total dari kadamba (Mitragyna speciosa Korth.).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Optimasi Metode Ekstraksi Berbantu Mikrowave Dengan Pelarut NADES (Asam Laktat-Sukrosa) Terhadap Kadar Polifenol Total Dari Kadamba (Mitragyna speciosa Korth.)
Pengarang Hesti Nurlinda - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HES o 2020
Subyek Kadamba, Natural deep eutectic solvents, Microvawe
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan S1 FARMASI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua