Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Gaya dan Gerak Tema 8 Melalui Model Inkuiri Pada Siswa Kelas Iv Sdn 007 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2019/2020
Thara Shintya Widya, 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Gaya dan Gerak Tema 8 Melalui Model Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2019/2020. Pembimbing I Drs. H. Sunarno, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Sudillah MW, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Gaya dan Gerak, Tema 8, Inkuiri.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 007 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2019/2020 khususnya pada muatan IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak tema 8 pada siswa kelas IV SDN 007 Samarinda Kota tahun pembelajaran 2019/2020?”.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 007 Samarinda Kota yang berjumlah 24 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak dengan menggunakan model inkuiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus rata-rata, persentase dan peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus memperoleh rata-rata 56,29 dengan persentase ketuntasan 25%. Hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan 21,31% dengan nilai rata-rata 63,22 dengan persentase ketuntasan 50%. Hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 33,96% dengan nilai rata-rata 75,41 dengan persentase ketuntasan 70,83%. Hasil belajar pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 42,67% dengan nilai rata-rata 80,31 dengan persentase ketuntasan 83,33%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak tema 8 melalui model inkuiri pada siswa kelas IV di SDN 007 Samarinda Kota tahun pembelajaran 2019/2020.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Gaya dan Gerak Tema 8 Melalui Model Inkuiri Pada Siswa Kelas Iv Sdn 007 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | Thara Shintya Widya - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI THA p 2020 |
Subyek | Hasil Belajar IPA, Gaya dan Gerak, Tema 8, Inkuiri |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY