Detail Cantuman Kembali
Hajriah - Personal Name

PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK TUNAS RIMBA 1 TAHUN AJARAN 2013/2014 SAMARINDA

ABSTARK



Hajriah, 2014 . Peningakatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Gerak dan Lagu Pada Anak Usia Dini Kelompok B1 di TK Tunas Rimba 1 Samarinda, dibimbing oleh Dr. Muh. Ilyas, M.pd dan Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si.

Kata Kunci : Motorik Kasar, Gerak Lagu

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu pada anak usia dini kelompok B1 di Tk Tunas Rimba 1 telah berkembang secara maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan motorik kasar pada anak usia dini melalui kegiatan gerak dan lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu pada anak usia dini kelompok B1 di TK Tunas Rimba 1.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah anak didik pada kelompok B1 TK Tunas Rimba 1. Kegiatan yang dilaksanakan oleh peneliti yakni dengan menggunakan kegiatan gerak dan lagu dengan 3 siklus. Dimana satu siklus akan dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan.
Berdasarkan hasil analisis data bahwa melalui kegiatan gerak dan lagu pada anak dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Hal ini dapat terlihat dari hasil rekapitulasi rata-rata presentase seluruh aspek penilaian motorik kasar anak. Pada siklus I rata-rata kemampuan motorik kasar yang tergolong baik dari keseluruhan aspek mencapai 9,5%, 35,5% cukup, dan 54% kurang. Pada siklus II rata-rata kemampuan motorik kasar yang tergolong baik dari keseluruhan aspek mencapai 17,5%, 47% cukup dan 35,5% kurang. Sedangkan pada siklus III telah terjadi peningkatan 60,5 % baik, 26% cukup dan 13,5% kurang.
Saran dari penelitian ini adalah bagi sekolah agar dapat meningkatkan sarana dan prasarana sekolah sehingga menunjang pembelajaran serta dapat bekerjasama dengan rekan-rekan guru, orangtua dan masyarakat lingkungan sekolah. Bagi Guru agar dapat meningkatkan dalam mengembangkan program pembelajaran dalam menggunakan media dan metode yang tepat dalam meningkatkan perkembangan anak. Bagi orangtua agar dapat memnbantu dalam proses belajar mengajar latihan gerak dan lagu yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK TUNAS RIMBA 1 TAHUN AJARAN 2013/2014 SAMARINDA
Pengarang Hajriah - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua