PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V DENGAN METODE BERMAIN PERAN DI SDN 014 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V dengan metode bermain peran di SDN 014 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V dengan metode bermain peran di SDN 014 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2020 s.d. 5 Maret 2020 di SDN 014 Samarinda Ulu dengan subjek penelitian guru kelas V dan siswa Kelas V yang berjumlah 20 siswa, dengan objek penelitian adalah keterampilan berbicara siswa dengan metode bermain peran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penilaian keterampilan berbicara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar penilaian keterampilan berbicara. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis hasil observasi, analisis hasil penilaian keterampilan berbicara, dan analisis hasil dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan. Saat prasiklus nilai rata-rata siswa adalah 63,5, siklus I 68,5, dan siklus II 76,12. Ketuntasan klasikal saat prasiklus adalah sebanyak 6 siswa (30%) terampil berbicara, siklus I sebanyak 10 siswa (50%) terampil berbicara, dan siklus II sebanyak 16 siswa (80%) terampil berbicara. Keaktifan siswa juga mengalamai kemajuan. Rata-rata jumlah skor saat siklus I 20,6 dan pada siklus II 31,6. Keaktifan guru saat Siklus I 25,6 dan pada siklus II 31,3. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN 014 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020 meningkat.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V DENGAN METODE BERMAIN PERAN DI SDN 014 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | Dwitha Ariyani Jaya - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DWI p 2020 |
Subyek | Keterampilan Berbicara, Bermain Peran |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY