Pemberian Scaffolding Berdasarkan Kesalahan-Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa beserta penjelasannya dalam menyelesaikan soal barisan dan deret serta cara meminimalkannya di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2019/2020.
Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 9 Samarinda dan objek dari penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret serta cara meminimalkannya. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari tes tertulis, wawancara dan pemberian scaffolding kepada siswa yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah itu dilakukan pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi dengan mewawancarai guru matematika yang mengajar di XI MIPA 2 SMAN 9 Samarinda dan membandingkan dengan kesalahan yang dilakukan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret siswa melakukan beberapa jenis kesalahan, antara lain: (1) Sebanyak 40 kesalahan konsep, (2) sebanyak 26 kesalahan prinsip, (3) sebanyak 23 kesalahan teknik, (4) sebanyak 12 kesalahan operasi, (5) sebanyak 36 kesalahan hitung. Sedangkan cara meminimalkan kesalahan konsep yaitu pemberian scaffolding yaitu reviewing, explaining dan restructuring. Cara meminimalkan kesalahan prinsip yaitu pemberian scaffolding yaitu reviewing, explaining, restructuring dan developing conceptual thinking. Cara meminimalkan kesalahan teknik yaitu pemberian scaffolding yaitu reviewing, explaining dan restructuring. Cara meminimalkan kesalahan operasi yaitu pemberian scaffolding yaitu reviewing, dan restructuring. Serta cara meminimalkan kesalahan hitung yaitu pemberian scaffolding yaitu reviewing dan restructuring
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pemberian Scaffolding Berdasarkan Kesalahan-Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | Ardianti Rukmana Ugu - Personal Name |
No. Panggil | SKRPSI ARD p 2020 |
Subyek | Kesalahan, Scaffolding, Barisan dan Deret |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY