Detail Cantuman Kembali
Sri Rahayuningsih - Personal Name

EFEKTIVITAS Trichoderma koningii Oudem DAN TANAMAN TERNA UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT JAMUR AKAR PUTIH DARI LOKASI TELUK PANDAN DAN SANGATTA UTARA PADA BIBIT TANAMAN KARET (Hevea brasiliensis Muell Arg)

ABSTRAKSRI RAHAYUNINGSIH. Program Studi Magister Pertanian Tropika Basah Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2019, Efektivitas Trichoderma koningii Oudem dan Tanaman Terna Untuk Mengendalikan Penyakit Jamur Akar Putih dari Lokasi Teluk Pandan dan Sangatta Utara Pada Bibit Tanaman Karet (Hevea brasiliensis Muell Arg), , (dibawah bimbingan Ni’matuljannah Akhsan dan Sopialena).Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Trichoderma koningii, rimpang kunyit, rimpang lengkuas dan kombinasinya dalam menekan perkembangan penyakit Jamur Akar Putih (JAP) dari lokasi Teluk Pandan dan Sangatta Utara pada bibit karet., mengetahui perkembangan penyakit JAP dan Trichoderma dari lokasi Teluk Pandan dan Sangatta Utara dan mengetahui pertumbuhan tanaman (tinggi tanaman, diameter batang dan jumlah daun) pada bibit karet yang terinfeksi penyakit JAP . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Desember 2018 bertempat di Desa Singa Gembara, Sangatta, Kabupaten Kutai Timur. Percobaan terdiri dari dua percobaan, yaitu yang pertama dilakukan pada isolat Teluk Pandan dan Sangatta Utara terdiri dari 6 perlakuan biofungisida disusun dalam `Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan ulangan lima kali. Faktor pertama adalah Lokasi (L) terdiri atas dua taraf yaitu L1 : isolat Teluk Pandan, L2 : isolat Sangatta Utara, faktor kedua adalah biofungisida (P) yang terdiri atas enam taraf yaitu: P0: tanpa biofungsida (kontrol), P1: Trichoderma koningii Oudem, P2 : rimpang kunyit, P3: rimpang lengkuas, P4: Trichoderma koningii Oudem dan rimpang kunyit, P5: Trichoderma koningii Oudem dan rimpang lengkuas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rimpang kunyit memberi pengaruh pada tinggi tanaman yaitu sebesar 78,80 cm, diameter batang sebesar 0,62 cm, jumlah daun sebanyak 11 helai. Perlakuan kombinasi Trichoderma koningii Oudem dengan kunyit maupun Trichoderma koningii Oudem dengan lengkuas dapat menekan penyakit JAP sebesar 80-100% dibandingkan tanpa perlakuan.
Kata kunci : Trichoderma, rimpang kunyit, rimpang lengkuas, jap, bibit karet

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS Trichoderma koningii Oudem DAN TANAMAN TERNA UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT JAMUR AKAR PUTIH DARI LOKASI TELUK PANDAN DAN SANGATTA UTARA PADA BIBIT TANAMAN KARET (Hevea brasiliensis Muell Arg)
Pengarang Sri Rahayuningsih - Personal Name
No. Panggil TESIS SRI e 2020
Subyek Trichoderma , rimpang kunyit , rimpang lengkuas ,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit S2 Pertanian Tropika Basah
Jurusan Pertanian Tropika Basah
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua