Detail Cantuman Kembali

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN KOMBINASI EKSTRAK ETANOL UMBI BAWANG TIWAI (Eleutherine bulbosa Mill.) DAN RIMPANG KUNYIT (Curcuma domestica Val.) DENGAN METODE 1,1-Diphenyl-2-picryl Hidrazil (DPPH)

Bawang tiwai (Eleutherine bulbosa (Mill) Urb) merupakan tanaman yang berasal dari kalimantan. Tanaman ini secara tradisional digunakan sebagai tanaman obat pada masyarakat. Bawang tiwai memiliki senyawa bioaktif berupa alkaloid, flavonoid, saponin yang berfungsi sebagai antioksidan selain bawang tiwai, rimpang kunyit (Curcuma domestica Val.) merupakan tanaman obat tradisional yang biasa digunakan untuk bumbu masakan dan merupakan tanaman obat sebagai antimikroba, antioksidan, anti tumor dan antiinflamasi. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah mengukur aktivitas antioksidan kombinasi ekstrak umbi bawang tiwai (Eleutherine bulbosa (Mill) Urb) dan rimpang kunyit (Curcuma domestica Val.). Uji aktivitas antioksidan yang digunakan yakni metode 1,1-Diphenyl-2-picryl Hidrazil (DPPH) yang diukur serapan pada panjang gelombang 515 nm. Aktivitas antioksidan dinilai berdasarkan inhibitory concentration 50 (IC50), hasil dari penelitian ini didapatkan nilai IC50 umbi bawang tiwai tunggal sebesar 251,21 ppm, nilai IC50 rimpang kunyit sebesar 53,90 ppm, dan nilai IC50 kombinasi ekstrak umbi bawang tiwai dan rimpang kunyit sebesar 35,87 ppm.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN KOMBINASI EKSTRAK ETANOL UMBI BAWANG TIWAI (Eleutherine bulbosa Mill.) DAN RIMPANG KUNYIT (Curcuma domestica Val.) DENGAN METODE 1,1-Diphenyl-2-picryl Hidrazil (DPPH)
Pengarang Yoni Miftahun Nafsiyah Agustin - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YON u 2020
Subyek antioksidan
Eleutherine bulbosa (Mill) Urb., Curcuma domestica
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan S1 Farmasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua