Detail Cantuman Kembali
Miranda Poernamasari - Personal Name

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Articulate Storyline 3 Pada Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 1 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 (Materi Pembelajaran Kolaboratif Daring)




Miranda Poernamasari, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Articulate Storyline 3 Pada Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 1 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 (Materi Pembelajaran Kolaboratif Daring). Hasil penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Zainuddin Untu, M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Dydik Kurniawan, S.Pd., M.Pd selaku Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan Articulate Storyline 3 pada pelajaran Simulasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation.

Subjek dalam penelitian ini ialah ahli media sebanyak 3 orang dan ahli materi sebanyak 3 orang di SMK Negeri 1 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah teknik angket (angket terbuka), studi literatur dan studi lapangan, serta angket tertutup untuk penilaian kelayakan media yang dikembangkan. Teknik analisis data yang peneliti lakukan dengan pengumpulan data, kemudian reduksi data, lalu penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan.

Dari penelitian ini didapatkan hasil (1) Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan model pengembangan ADDIE dengan menggunakan aplikasi pengembang Articulate Storyline 3, (2) Pengujian kelayakan media pembelajaran ahli media dengan 25 indikator diperoleh skor 98.3 yang termasuk dalam ketegori “Layak” dan kepada ahli materi dengan 18 indikator diperoleh skor 74.7 yang termasuk kategori “Layak”. Kesimpulan media pembelajaran interaktif dengan Articulate Storyline 3 yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran simulasi dan komunikasi digital pada materi pembelajaran kolaboratif daring.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Simulasi dan Komunikasi Digital

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Articulate Storyline 3 Pada Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 1 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 (Materi Pembelajaran Kolaboratif Daring)
Pengarang Miranda Poernamasari - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MIR p 2020
Subyek Media Pembelajaran Interaktif, Aerticulate Storyli
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Pendidikan Matematika Konsentrasi Pendidikan Ilmu Komputer
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua