Detail Cantuman Kembali
Miftahul Janah - Personal Name

Analisis Kesalahan Surat Dinas di MTs Al-Kautsar Tenggarong



MTs Al-Kautsar merupakan salah satu MTs yang memiliki jumlah siswa terbanyak di Kecamatan Tenggarong, sekolah ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik dalam sarana maupun prasarana. Pada observasi pra penelitian, peneliti menemukan bahwa terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan surat yang ada di kantor tata usaha MTs Al-Kautsar Tenggarong. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti surat yang ada di MTs Al-Kautsar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesalahan-kesalahan surat yang terdapat di MTs Al-Kautsar Tenggarong. Kesalahan yang dimaksud adalah kesalahan bentu surat, kesalahan penulisan ejaan, dan kesalahan bahasa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, Adapun jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah studi dokumen/teks. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah library research atau penelitian kepustakaan dan Field work research dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk mencari data.Data yang ada dalam penelitian ini adalah surat masuk dan surat keluar di MTs Al-Kautsar Tenggarong, surat yang diambil adalah surat pada bulan Januari hingga Maret 2020.
Dalam penelitian diperoleh adanya 112 kesalahan penulisan ejaan pada surat masuk maupun surat keluar. kesalahan tersebut terdiri atas 54 kesalahan penggunaan huruf kapital, 1 kesalahan penggunaan huruf miring, 4 kesalahan penggunaan kata depan, 2 kesalahan penggunaan kata berimbuhan, 38 kesalahan penulisan singkatan dan akronim, 5 kesalahan penulisan angka dan bilangan, serta 8 kesalahan penggunaan tanda baca (titik koma). Terdapat pula tiga kesalahan kebahasan berupa tidak adanya kehematan. Serta satu kesalahan bentuk terdapat pada satu surat yang merupakan kesalahan penggunaan komponen lampiran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kesalahan Surat Dinas di MTs Al-Kautsar Tenggarong
Pengarang Miftahul Janah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MIF a 2020
Subyek Surat Dinas, ejaan, bentuk, kalimat efektif
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua