Detail Cantuman Kembali
Ernanda Noor Afdilla - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 7 SUBTEMA 3 TENTANG KERAGAMAN EKONOMI DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN 004 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020



Ernanda Noor Afdilla, 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema 7 Subtema 3 Tentang Keragaman Ekonomi di Indonesia melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Siswa Kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020. Pembimbing I Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Tri Wahyuningsi, M.Si.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Keragaman Ekonomi di Indonesia, Picture and Picture.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil Belajar IPS tentang keragaman ekonomi di Indonesia pada siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu tahun Pembelajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS tema 7 subtema 3 tentang keragaman ekonomi di Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020?” Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS tema 7 subtema 3 tentang keragaman ekonomi di Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu yang berjumlah 38 siswa dan objek penelitian ini adalah Hasil Belajar IPS tentang keragaman ekonomi di Indonesia dengan menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rata-rata, konservasi observasi guru dan siswa, peningkatan hasil belajaran, presentase nilai siswa dan indikator keberhasilan.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar IPS tentang keragaman ekonomi di Indonesia dengan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020 mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pra siklus 55,73 dengan presentase ketuntasan 31,57%. Hasil belajar dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 21,08% dengan nilai rata-rata 67,48 dan presentase siswa yang tuntas sebesar 50,00%. Mengalami peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 45,68% dengan nilai rata-rata 81,19 dan presentase siswa yang tuntas sebesar 84,21%. Berdasarkan hasil peneltian tindakan kelas dapat disimpulkan bahawa terdapat peningkatan hasil belajar IPS Tema 7 Subtema 3 tentang keragaman ekonomi di Indonesia melalui moedel pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 7 SUBTEMA 3 TENTANG KERAGAMAN EKONOMI DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN 004 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Pengarang Ernanda Noor Afdilla - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ERN p 2020
Subyek Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Keragaman Ekonomi d
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua