Detail Cantuman Kembali
HERMAN - Personal Name

Karakteristik Dimensional Tokoh Utama Naskah Drama Monolog Racun Tembakau Terjemahan Jim Adhi Limas dan Saduran S. Jai: Kajian Sastra Bandingan



Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) karakteristik dimensional tokoh utama dalam naskah Racun Tembakau terjemahan Jim Adhi Limas 2) karakteristik dimensional tokoh utama dalam naskah drama monolog Racun Tembakau saduran S. Jai 3) perbandingan karakteristik dimensional tokoh utama naskah drama monolog Racun Tembakau terjemahan Jim Adhi Limas dan tokoh utama naskah drama monolog Racun Tembakau saduran S. Jai. Penelitian ini menggunakan pendekatan sastra bandingan.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif dengan menggunakan metode sastra bandingan. Data penelitian berupa dialog dan berisi klasifikasi perbandingan karakteristik dimensional tokoh utama naskah drama monolog Racun Tembakau terjemahan Jim Adhi Limas dan Racun Tembakau saduran S. Jai. Sumber data adalah dua naskah drama monolog yang diterjemahkan dan disadur dari naskah drama monolog The Harmfull Effects of Tobacco karangan Anton Chekov. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Data dianalisis dengan teknik analisis struktural objektif dan bandingan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) karakteristik dimensional tokoh Ivan Ivanovich Nyukhin adalah fisiologis usia 35-65 tahun, laki-laki, cambang panjang, kumis klimis, sosiologis Achieved Status (atas kekayaan istri), dan pengajar, tidak bergelar akademik, suami dan ayah 6 anak perempuan, ceramah ilmiah, bangsa Rusia, psikologis melankoli, percaya diri, memendam perasaan, dan gugup, logis dan analitik. 2) Karakteristik dimensional tokoh Harman adalah fisiologis usia 70 tahun, laki-laki, cambang panjang, kumis tipis, sosiologis Achieved Status (atas kekayaan istri), penulis karangan ilmiah, lulusan universitas, suami dan ayah 7 anak perempuan, ceramah ilmiah, pelatih teater, rapat dewan rakyat, komunitas ilmiah, dan LSM, berkebangsaan Indonesia, psikologis melankoli, sopan, sengsara, dan frustrasi, wawasan luas dan kemampuan menganalisa. 3) Persamaan karakteristik dimensional kedua tokoh yaitu dimensi fisiologis: jenis kelamin, dimensi sosiologis: status sosial, dimensi psikologis: temperamen. Perbedaan karakteristik dimensional kedua tokoh yakni dimensi fisiologis: usia dan keadaan tubuh, dimensi sosiologis: pekerjaan, pendidikan, kehidupan pribadi, aktivitas sosial, dan kebangsaan, dimensi psikologis: sikap dan perilaku serta IQ dan kecerdasan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Karakteristik Dimensional Tokoh Utama Naskah Drama Monolog Racun Tembakau Terjemahan Jim Adhi Limas dan Saduran S. Jai: Kajian Sastra Bandingan
Pengarang HERMAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HER k 2020
Subyek tokoh utama, sastra bandingan, naskah drama
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua