Evaluasi Implementasi Supervisi Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Negeri 005, 008, dan 012 Samarinda Seberang
IZTI SABRAN MAHANA. Evaluasi Implementasi Supervisi Pembelajaran pada Sekolah Dasar Negeri 005, 008, dan 012 Samarinda Seberang. (Dibawah bimbingan Dr. Laili Komariyah, M.Si selaku Pembimbing I dan Dr.H. Johansyah,M.Pd., M.Si selaku Pembimbing II)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut, dan hasil evaluasi implementasi supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri 005, 008, dan 012 Samarinda Seberang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan model kesenjangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut pandang partisipan. Instrumen pengumpul data yang digunakan merupakan instrumen non-test yang meliputi wawancara, analisis dokumen, dan angket. Data yang sudah dikumpulkan akan dilakukan analisis data menggunakan teknik Discrepancy Evaluation Model (DEM). Analisis data terdiri dari tiga jalur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan supervisi pembelajaran yang disiapkan Kepala Sekolah SDN 005, SDN 008, dan SDN 012 sudah memenuhi standar yang telah ditentukan oleh Kemendikbud; (2) pelaksanaan supervisi pembelajaran yang dilakukan Kepala Sekolah SDN 005, SDN 008, dan SDN 012 telah terlaksana dengan baik; (3) tindak lanjut supervisi pembelajaran yang dilakukan secara garis besar meliputi penguatan, penghargaan, teguran yang bersifat mendidik, kesempatan untuk mengikuti pelatihan, Kelompok Kerja Guru (KKG), seminar, penataran, pembinaan pribadi ataupun kelompok, serta adanya diskusi dan kolaborasi dengan guru-guru, dan (4) hasil evaluasi implementasi supervisi pembelajaran ini mencakup tiga temuan, temuan pertama menunjukkan bahwa hasil rata-rata evaluasi komponen perencanaan dan pelaksanaan supervisi pembelajaran di SDN 005 memperoleh persentase 67% yang berarti berkategori baik, temuan kedua menunjukkan bahwa hasil rata-rata evaluasi komponen perencanaan dan pelaksanaan supervisi pembelajaran di SDN 008 memperoleh persentase 75% yang berarti berkategori baik, dan temuan ketiga menunjukkan bahwa hasil rata-rata evaluasi komponen perencanaan dan pelaksanaan supervisi pembelajaran di SDN 012 memperoleh persentase 71% yang berarti berkategori baik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Evaluasi Implementasi Supervisi Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Negeri 005, 008, dan 012 Samarinda Seberang |
---|---|
Pengarang | Izti Sabran Mahana - Personal Name |
No. Panggil | TESIS IZT e 2019 |
Subyek | Evaluasi Supervisi Pembelajaran-t |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | Manajemen Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY