Detail Cantuman Kembali
Wardatul Marufah - Personal Name

Kepentingan Geopolitik Amerika Serikat Dalam Usulan Pembentukan Alur Laut Kepulauan Indonesia Barat-Timur



Wardatul Marufah, 1302045064, dengan judul skripsi “Kepentingan Geopolitik Amerika Serikat Dalam Usulan Pembentukan Alur Laut Kepulauan Indonesia Barat-Timur”, di bawah bimbingan Ibu Frentika Wahyu R. S.IP, MA, Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan apa kepentingan geopolitik Amerika Serikat terhadap usulan pembentukan Alur Laut Kepulauan Indonesia Barat-timur. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian eskploratif dengan sumber data yang diperoleh dari hasil buku, jurnal website, dan berita yang valid. Dalam penelitian ini penulis menggunakan konsep geopolitik dan kepentingan nasional.
Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kepentingan geopolitik Amerika Serikat terhadap usulan pembentukan Alur Laut Kepulauan Indonesia Barat-timur adalah sebuah agenda untuk menjamin keinginannya menjalankan freedom of navigation operations di Indonesia. Melalui Alur Laut Kepulauan Indonesia Barat-timur, Amerika Serikat berusaha memperlihatkan status perairan Indonesia sebagai laut lepas yang dapat bebas diakses dan dilewati oleh kapal dan pesawat udara asing tanpa melihat bendera suatu negara. Sehingga berbagai macam jenis aktifitas seperti perdagangan bebas, distribusi pangan, mobilisasi minyak dan gas, sumber daya mineral, bahkan pergerakan armada militer di jalur tersebut akan dianggap sebagai suatu hal yang biasa.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kepentingan Geopolitik Amerika Serikat Dalam Usulan Pembentukan Alur Laut Kepulauan Indonesia Barat-Timur
Pengarang Wardatul Marufah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WAR k 2018
Subyek Kata Kunci: Amerika Serikat, Geopolitik, Lintas Al
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan Hubungan Internasional
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua