Detail Cantuman Kembali
NURUL YASMIN - Personal Name

AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK AKAR, BATANG, DAN DAUN TUMBUHAN MERUNG (Coptosapelta tomentosa)




Merung merupakan keluarga dari Rubiceae, secara empiris masyarakat di Kalimantan Timur khususnya suku Kutai memanfaatkan tumbuhan tersebut untuk meredakan beberapa gejala penyakit seperti diare, keputihan, bengkak dan rematik serta aprodisiaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan dari ekstrak akar, batang, dan daun tumbuhan merung (Coptosapelta tomentosa). Akar, batang dan daun merung masing-masing dimaserasi menggunakan pelarut metanol dan dipekatkan menggunakan alat rotary evaporator hingga diperoleh ekstrak kental. Penapisan antioksidan dilakukan menggunakan teknik KLT autografi dengan reagen spesifik DPPH (2,2-diphenyl1-picrylhydrazyl) 100 ppm dan beberapa pereaksi spesifik metabolit sekunder sedangkan pengukuran aktivitas antioksidan dilakukan menggunakan metode
spektrofotometri dengan melihat nilai IC50 dari ekstrak akar, batang, dan daun merung dalam meredam DPPH. Rendemen yang dihasilkan dari masing-masing ekstrak, yaitu ekstrak akar 21,9%, ekstrak batang 12,8%, dan ekstrak daun 14,4%.
Hasil aktivitas antioksidan secara kualitatif pada ekstrak metanol akar dengan eluen n-heksana : etil asetat (8:2) berada pada spot dengan nilai Rf 0,08 dan 0,66.
Spot dengan Rf 0,66 menujukan warna coklat saat direaksikan FeCl3, berpendar kuning pada sinar UV 254 dan 366 nm setelah direaksikan AlCl3 dan berwarna merah saat direaksikan dengan KOH. Aktivitas antioksidan ekstrak metanol batang dengan eluen n-heksana : etil asetat (6:4) berada pada spot dengan nilai Rf 0,16; 0,33; 0,58; 0,66; dan 0,75. Spot dengan rf 0,16 menujukan warna coklat saat direaksikan FeCl3 dan berpendar biru pada sinar UV 254 dan 366 nm setelah direaksikan AlCl3. Sedangkan aktivitas antioksidan pada ekstrak methanol daun dengan eluen n-heksana : etil asetat (2:8) berada pada spot dengan nilai Rf 0,1; 0,2; dan 0,3. Aktivitas antioksidan ditunjukkan dengan nilai IC50 masing-masing ekstrak, yaitu ekstrak akar 419,189 ppm yang menunjukkan kategori aktivitas antioksidan yang lemah, ekstrak batang 215,626 ppm menunjukkan aktivitas antioksidan sedang, dan ekstrak daun 346,209 ppm menunjukkan aktivitas antioksidan lemah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK AKAR, BATANG, DAN DAUN TUMBUHAN MERUNG (Coptosapelta tomentosa)
Pengarang NURUL YASMIN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR a 2020
Subyek Antioksidan, DPPH, Merung, Coptosapelta tomentosa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Farmasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua