Detail Cantuman Kembali
ZAYYIN WARDIAH - Personal Name

Identifikasi Aktivititas Antioksidan Senyawa Fenolik dari Fungi Endofit Rimpang Jahe Merah (Zingiber officinale var. Rubrum)



Fungi endofit merupakan mikroorganisme yang berada pada suatu jaringan tanaman baik daun, batang ataupun akar tanpa memberikan gejala dan memiliki kemampuan menghasilkan senyawa yang sama dengan tanaman inangnya. Fungi endofit dapat ditemukan pada tanaman obat berkhasiat salah satunya yaitu Jahe Merah (Zingiber officinale var. Rubrum). Tujuan penelitian adalah memperoleh dan mengetahui karakteristik isolat fungi endofit dari rimpang jahe merah serta menguji aktivitas antioksidan dari senyawa yang dihasilkan isolat fungi endofit rimpang jahe merah terhadap DPPH. Hasil penelitian yaitu diperoleh tiga isolat fungi endofit, yakni RJM J2a; RJM M1a; dan RJM I1a dengan nilai rendemen ekstrak dalam media PDB masing-masing sebesar 0,9 g/L; 0,8 g/L; 0,3 g/L. Profil kromatogram ekstrak isolat M1a dan I1a menunjukkan adanya senyawa fenolik dengan nilai Rf 0,7 dan 0,66 yang memiliki aktivitas antioksidan secara kualitatif menggunakan metode penyemprotan DPPH. Hasil pengujian aktivitas antioksidan secara kuantitatif diperoleh nilai IC50 masing-masing ekstrak secara berurutan yaitu 1.367,956 µg/mL; 649,596 µg/mL dan 1.204,737 µg/mL.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Identifikasi Aktivititas Antioksidan Senyawa Fenolik dari Fungi Endofit Rimpang Jahe Merah (Zingiber officinale var. Rubrum)
Pengarang ZAYYIN WARDIAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ZAY i 2020
Subyek Fungi endofit
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan S1 Farmasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua