PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI DENGAN MODEL DEMONSTRASI DAN TEKNIK BERIUR KATA KELAS VIII SMP
GIGIH YUDHA PRATAMA. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi dengan Perpaduan Model Demonstrasi dan Teknik Beriur Kata Kelas VIII SMP. (dibimbing oleh Prof. Dr. H. M. Jafar Haruna, MS. dan Prof. Dr. H. Mohammad Siddik, M.Pd.)
Tujuan penelitian ini (1) Menguji pengembangan perencanaan bahan ajar menulis puisi dengan perpaduan model demonstrasi dan teknik beriur kata kelas VIII SMP. (2) Menguji kelayakan desain bahan ajar menulis puisi dengan perpaduan model demonstrasi dan teknik beriur kata kelas VIII SMP. (3) Menguji keefektifan pengembangan bahan ajar menulis puisi dengan perpaduan model demonstrasi dan teknik beriur kata kelas VIII SMP. Penelitian pengembangan ini mengacu pada 10 tahapan dari Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 3 tahapan, yaitu pengumpulan informasi, perencanaan pembuatan produk, dan pengembangan produk. Pada tahap pengumpulan informasi data diperoleh melalui penyebaran angket, wawancara dan telaah buku teks pelajaran, validasi produk dan uji coba terhadap peserta didik. Pada tahap perencanaan pembuatan produk bahan ajar yang merupakan produk divalidasi oleh ahli baik isi maupun medianya. Tahapan terakhir yaitu pengembangan produk, pada tahap ini produk yang sudah divalidasi dikembangkan dan dilaksanakan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perencanaan bahan ajar menulis puisi dengan perpaduan model demonstrasi dan teknik beriur kata kelas VIII SMP memiliki 14 bagian penting, di antaranya Sampul depan Bahan ajar, Kata Pengantar, SK dan KD menulis puisi kelas VIII, Daftar isi, Peta Kedudukan Bahan ajar, Materi, Rangkuman, Tes Formatif I, Tes Formatif II, Glosarium, Kunci Jawaban, Daftar Rujukan, Sumber Gambar dan Sampul Belakang. Skor rata-rata penilaian dan validasi oleh ahli media, ahli materi, dan guru bahasa Indonesia diperoleh 4,43, nilai ini berarti bahan ajar menulis puisi dengan perpaduan model demonstrasi dan teknik beriur kata kelas VIII SMP sangat layak digunakan sebagai bahan ajar mandiri untuk siswa Kelas VIII SMP. Hasil uji coba penilaian dan validasi tiap aspek diperoleh skor rata-rata sebesar 4,58, nilai ini berarti bahan ajar menulis puisi dengan perpaduan model demonstrasi dan teknik beriur kata kelas VIII SMP sangat efektif menurut respon siswa kelas VIII SMP.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Menulis Puisi, Model Demonstrasi, Beriur Kata.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI DENGAN MODEL DEMONSTRASI DAN TEKNIK BERIUR KATA KELAS VIII SMP |
---|---|
Pengarang | GIGIH YUDHA PRATAMA - Personal Name |
No. Panggil | TESIS GIG p 2020 |
Subyek | Bahan Ajar, Menulis Puisi, Model Demonstrasi, Beri |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY