Detail Cantuman Kembali
Muhammad Rizki Fahreza - Personal Name

PENERAPAN METODE GENEVA EMOTION WHEEL DALAM PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN PRODUK MAKANAN RINGAN KERIPIK PISANG (STUDI KASUS: UKM NGEMILAN QU)

Keripik pisang merupakan makanan ringan yang berbahan dasar buah pisang dengan tekstur yang keras dan renyah seperti keripik pada umumnya. Keripik pisang yang dijual oleh UKM Ngemilan Qu di Kota Samarinda dikemas secara sederhana, yaitu langsung dikemas menggunakan kemasan berbahan plastik dan minim informasi maka perlu adanya perbaikan pada kemasan agar dapat dipasarkan ke pasar modern. Oleh karena itu dibutuhkan kemasan yang lebih menarik agar tidak kalah dengan produk pesaing. Sehingga peneliti akan melakukan studi lebih lanjut untuk dilakukan perancangan desain kemasan makanan ringan keripik pisang agar menjadi lebih menarik dan diminati oleh konsumen. Perancangan dilakukan dengan mempertimbangkan emosi responden terhadap kemasan dengan menggunakan metode Geneva Emotion Wheel. Metode Geneva Emotion Wheel merupakan suatu alat pengukuran emosi untuk mengukur respon atau reaksi emosi terhadap suatu objek. Metode Geneva Emotion Wheel dilakukan dengan beberapa tahap yaitu, penyebaran kuesioner GEW 1 dilakukan untuk mendapatkan hasil rata-rata emosi responden dan alasan responden pada tiap emosi beserta atribut kemasan, kemudian melakukan perancangan desain kemasan berdasarkan keinginan responden, setelah mendapatkan hasil deain usulan lalu melakukan penyebaran kuesioner GEW 2 untuk melihat apakah ada kenaikan emosi positif dan perubahan yang signifikan terhadap tampilan kemasan sebelum perancangan dan setelah perancangan. Hasil dari penelitian ini adalah telah didapatkan kenaikan emosi positif dan penurunan emosi negatif pada desain kemasan setelah dilakukannya perancangan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN METODE GENEVA EMOTION WHEEL DALAM PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN PRODUK MAKANAN RINGAN KERIPIK PISANG (STUDI KASUS: UKM NGEMILAN QU)
Pengarang Muhammad Rizki Fahreza - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIZ p 2020
Subyek Ergonomi, Perancangankemasan, Geneva Emotion Wheel
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Industri
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua