Detail Cantuman Kembali

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS: MEBEL WAHID SAMARINDA, KALIMANTAN TIMUR)



Mebel Wahid merupakan usaha yang bergerak di bidang manufaktur untuk memenuhi permintaan furniture yaitu mebel stainless steel yang terletak di Jalan Gunung Lingai, Kelurahan Gunung Lingai, Kecamatan Sungai Pinang Samarinda, Kalimantan Timur. Mebel Wahid didirikan pada bulan Mei tahun 2008. Dalam pemasaran strategi yang dijalankan saat ini oleh Mebel Wahid kurang optimal. Dimana Mebel Wahid tidak memiliki strategi khusus dalam pemasarannya. Pemasaran yang dilakukan hanya sekedar dari konsumen satu ke konsumen lain dan menggunakan sarana media online yaitu facebook dan Instagram yang belum berjalan secara konstan. Sehingga upaya ini kurang direspon oleh konsumen. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukannya analisis terhadap strategi pemasaran mebel stainless steel pada Mebel Wahid.
Penentuan strategi dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap input, tahap pencocokan, dan tahap keputusan. Tahap input dilakukan dengan menggunakan metode Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE) dan Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE). Pada matriks IFE, didapatkan total skor sebesar 2,714, sedangkan pada Matriks EFE didapatkan skor sebesar 2,5167. Berdasarkan analisis faktor internal dan eksternal yang didapatkan, dilakukan tahap pencocokan dengan metode Matriks IE dan Matriks SWOT. Matriks IE menggunakan skor yang didapatkan pada matriks IFE dan Matriks EFE menunjukkan bahwa Mebel Wahid berada di sel V. Hal ini menunjukkan bahwa strategi yang paling baik yang digunakan oleh Mebel Wahid adalah strategi hold and maintain atau menjaga dan mempertahankan dengan strategi yang dapat digunakan yaitu menerapkan penetrasi pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan strategi tersebut, maka dirumuskan strategi dengan menggunakan Matriks SWOT dan didapatkan delapan alternatif strategi. Tahap terakhir adalah tahap keputusan dengan menggunakan metode AHP sebagai rekomendasi strategi untuk perusahaan. Sehingga didapatkan strategi prioritas pertama adalah strategi Meningkatkan kapasitas produksi dangan bobot 0,198. Strategi kedua adalah Memanfaatkan promosi berbasis internet dengan bobot 0,172. Strategi yang ketiga adalah Mencari Investor atau partner bisnis untuk meningkatkan produksi dengan bobot 0,156.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS: MEBEL WAHID SAMARINDA, KALIMANTAN TIMUR)
Pengarang Christoporus Gunar Wicaksono - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI CHR p 2020
Subyek Kata kunci: Mebel Stainless Steel, Strategi Pemasa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Industri
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua