Detail Cantuman Kembali

ANALISIS REALISASI DAN ANGGARAN BIAYA REKLAMASI PADA PT ANUGERAH BARA KALTIM DI LOA JANAN

RINGKASAN
Octavia, Harlin Nurcahyani, 2015, Analisis Realisasi dan Anggaran Biaya Reklamasi pada PT. Anugerah Bara Kaltim, di bawah bimbingan Bapak Lewi Malisan dan Ibu Salmah Pattisahusiwa.
Secara umum, masalah utama yang sering kali muncul pasca kegiatan pertambangan adalah masalah perubahan lingkungan dan perubahan bentang alam. Reklamasi adalah kegiatan yang bertujuan memperbaiki atau menata kegunaan lahan yang terganggu sebagai akibat kegiatan usaha pertambangan agar dapat berfungsi dan berdaya guna sebagaimana mestinya. Anggaran
merupakan perencanaan keuangan yang dilakukan sebelum dilaksanakannya sebuah kegiatan yang berkaitan dengan biaya dan lain hal yang pelaksanaannya terorganisir dan menyeluruh pada periode tertentu di masa yang akan dating dan realisasi berkaitan dengan keberhasilan perusahaan dalam perencanaan kegiatan dan maupun keuangan. Data yang digunakan adalah anggaran dan realisasi biaya reklamasi tahun 2013.
Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode interview, dokumentasi, dan penelitian kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis realisasi anggaran biaya reklamasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat analisis varians yaitu analisis untuk mengetahui selisih antara anggaran terhadap realisasi.
Hasil penelitian, analisis dan pembahasan menyimpulkan bahwa perhitungan anggaran dan realisasi anggaran biaya reklamasi memperoleh selisih menguntungkan (favorable variance) dan selisih tidak menguntungkan (unfaborable variance). Selisih menguntungkan analisis varians biaya Rp 63.640.000 diperoleh dari jumlah anggaran yang lebih besar dari realisasinya dan Rp 4.038.742.994 untuk varians efisiensi diperoleh dari jumlah luas lahan yang lebih besar dari realisasi. Selisih tidak menguntungkan analisis varians biaya Rp 46.027.651 disebabkan oleh biaya anggaran yang lebih kecil dari realisasi dan untuk varians efisiensi adalah Rp 2.000.000, hal tersebut dikarenakan jumlah lahan maupun sample dan peningkatan biaya yang lebih besar pada saat realisasi.
Kata kunci : Reklamasi, Anggaran, Realisasi anggaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS REALISASI DAN ANGGARAN BIAYA REKLAMASI PADA PT ANUGERAH BARA KALTIM DI LOA JANAN
Pengarang HARLIN NURCAHYANI OCTAVIA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua