Detail Cantuman Kembali
JUJUN ALFARISI - Personal Name

PRAKTIK KERJA KEFARMASIAN DI APOTEK, PBF, RUMAH SAKIT DAN PUSKESMAS

Dalam upaya peningkatan tenaga kesehatan dibidang farrmasi yang siap dipakai di lapangan pekerjaan, maka diperlukan penunjang kegiatan belajar di luar kampus. Salah satunya seperti Praktik Kerja Lapangan (PKL).
Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan pelatihan bagi penulis mengenai kefarmasian di apotek sebagai usaha pemberian pengalaman kepada calon tenaga teknis kefarmasian, sehingga dapat diketahui kegiatan pengelolaan obat di apotek serta pelayanan dan administrasi apotek yang dilakukan secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan pembentukan tenaga teknik kefarmasian yang siap pakai.
Kegiatan yang dilakukan selama PKL di Apotek Sahabat, yaitu mempelajari sediaan farmasi yang ada di Apotek Klinik Ibnu Rusyd, melakukan penyiapan obat berdasarkan resep dokter, melakukan pelayanan informasi obat, melakukan penulisan surat pesanan (SP), melakukan penulisan salinan resep, melakukan pengecekan ketersediaan obat, melakukan pengecekan faktur dari pedagang besar farmasi (PBF), melakukan pencatatan di kartu stok, melakukan pencatatan obat di buku defekta, dan melakukan penyimpanan obat.
Kegiatan yang dilakukan selama PKL di Apotek Kimia Farma 443 juanda yaitu mempelajari perbekalan farmasi yang ada di Apotek Kimia Farma443 juanda., melakukan penyiapan obat berdasarkan resep dokter, melakukan pelayanan obat tanpa resep dokter (UPDS), melakukan penulisan surat pesanan (SP), melakukan pencatatan di kartu stok, dan melakukan penyimpanan obat yang baru datang dari Business Manager (BM).
Terdapat perbedaan metode standar pelayanan kefarmasian di Apotek Klinik Sahabat dan Apotek Kimia Farma 443 juanda meliputi perencanaan, pengadaan, penyimpanan, dan pengendalian. Kegiatan yang dilakukan selama PKL di Puskesmas Samarinda Kota, yaitu mempelajari sediaan farmasi yang ada di Puskesmas Samarinda kota, melakukan penyiapan obat berdasarkan resep dokter, melakukan pelayanan informasi obat, melakukan pengecekan ketersediaan obat, melakukan pencatatan di kartu stok, melakukan posyandu keliling, melakukan penyiapan farmasi di pusban dan melakukan penyimpanan obat.
Kegiatan yang dilakukan selama PKL di Rumah sakit kanujoso djatiwibowo yaitu mempelajari perbekalan farmasi yang ada di Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo, melakukan penyiapan obat berdasarkan resep dokter, melakukan pencatatan di kartu stok, dan melakukan penyimpanan obat.
Terdapat perbedaan metode standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas Samarinda Kota dengan Rumah sakit Kanujoso Djatiwibowo meliputi perencanaan, pengadaan, penyimpanan, dan pengendalian.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PRAKTIK KERJA KEFARMASIAN DI APOTEK, PBF, RUMAH SAKIT DAN PUSKESMAS
Pengarang JUJUN ALFARISI - Personal Name
No. Panggil LAPORAN TUGAS AKHIR JUJ p 2020
Subyek Praktek Kerja Kefarmasian di Apotek, Rumah sakit,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan D3 FARMASI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua